fbpx
Ketahui 7 Khasiat Kurma untuk Kesehatan Kulit

Ketahui 7 Khasiat Kurma untuk Kesehatan Kulit

Kurma biasanya dijadikan menu buka puasa di bulan Ramadan. Kurma memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kecantikan kulit.

Kurma adalah sumber vitamin C dan D yang sangat baik yang membantu menjaga elastisitas kulit kita dan menjaga kulit tetap halus. Kurma juga memiliki sifat anti-penuaan dan mencegah penumpukan melanin.

Bukan hanya itu saja, Berikut ini adalah khasiat kurma untuk kecantikan beserta ulasan singkatnya.

1. Meningkatkan produksi kolagen

Kandungan vitamin C dan vitamin D dalam kurma dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang berperan penting dalam pembentukan berbagai macam jaringan tubuh, termasuk kulit. Konsumsi kurma secara teratur dapat meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

2. Menangkal radikal bebas

Kurma juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres, yang dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit.

Baca Juga :  4 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

3. Kulit menjadi bercahaya

dr. Chiranjiv Chhabra, dermatolog dari Skin Alive di India mengatakan bahwa kurma mengandung asam pantotenat.

Zat asam pantotenat dapat memperbaiki kulit dari dalam, dan membuat kulit tampak bercahaya.

4. Melembutkan kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E pada kurma dipercaya dapat membuat kulit menjadi lembut.

Nantinya, kurma yang dimakan langsung atau dijadikan masker bisa membantu proses regenerasi kulit.

Kendati begitu, kita tetap harus mengimbangi makan buah kurma dengan rutin melakukan eksfoliasi dan perawatan lainnya agar tekstur kulit lembut maksimal.

5. Memperbaiki tekstur kulit yang kasar

Tekstur kulit bisa menjadi kasar akibat bekas jerawat atau bekas luka lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mencoba mengonsumsi kurma secara teratur. Pasalnya kurma mengandung vitamin B yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan kulit lebih halus dari sebelumnya.

6. Mencegah penuaan dini

Kita juga bisa melawan keriput dengan mengonsumsi kurma secara rutin. Kurma kaya akan fitohormon, yang terbukti memiliki khasiat melawan kerutan.

Baca Juga :  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Tissue Reactions, kurma mengurangi permukaan keriput sebesar 27,6% dan mengurangi kedalaman kerutan peserta penelitian sebesar 3,52%.

7. Menjaga elastisitas kulit

Kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kurma kaya akan vitamin C yang dapat menghidrasi kulit dengan baik. Kurma sangat berpotensi untuk membantu menjaga elastisitas kulit kita dan menjaga kulit tetap halus.