fbpx
Ketahui 7 Tips Sederhana Meningkatkan Daya Ingat
Source : freepik

Ketahui 7 Tips Sederhana Meningkatkan Daya Ingat

Apakah kamu sering lupa meletakkan kunci sepeda motor, kacamata atau dompet? Lupa adalah hal yang sangat umum terjadi, tetapi jika terjadi terlalu sering, itu bisa mengganggu.

Sifat pelupa tidak selalu berkaitan dengan usia. Menurut penelitian, lupa berhubungan dengan gaya hidup modern dan bisa dialami oleh semua orang dari segala usia.

Jadi, tindakan apa yang dapat diambil untuk meningkatkan ketajaman daya ingat? Berikut beberapa cara untuk meningkatkan ketajaman daya ingat:

1. Tidur yang cukup

Kurang tidur telah dikaitkan dengan penurunan daya ingat.

Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi daya ingat, sebuah proses yang meningkatkan memori jangka pendek dan mengubahnya menjadi memori yang tahan lama.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika kamu kurang tidur, hal itu dapat berdampak negatif pada daya ingat.

Ada sebuah penelitian yang mengamati efek tidur pada 40 anak berusia antara 10 hingga 14 tahun.

Baca Juga :  4 Cara Efektif Mengecilkan Perut, Ini Rahasianya
istirahat yang cukup memengaruhi daya ingat
Source : freepik

Sekelompok anak mengikuti tes daya ingat pada malam hari, dan kemudian mengikuti tes keesokan harinya setelah tidur malam hari.

Sedangkan, kelompok satunya lagi menerima pelatihan dan pengujian pada hari yang sama, tetapi tanpa mendapatkan waktu tidur diantara waktu pelatihan dan pengujian.

Kelompok yang tidur diantara pelatihan dan pengujian meningkatkan kinerja daya ingat sebesar 20%.

Studi lain menemukan bahwa perawat yang bekerja shift malam membuat lebih banyak kesalahan matematis  dibandingkan dengan perawat yang bekerja shift siang. Perawat shift siang mendapat nilai lebih tinggi 68 persen pada saat tes daya ingat.

Pakar kesehatan menganjurkan agar orang dewasa tidur 7 hingga 9 jam semalam untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

2. Rutin olahraga

Berolahraga sebentar setiap hari lebih baik daripada berolahraga dengan durasi yang lama tapi hanya sekali seminggu. Karena banyak sekali dari kita yang sekalipun memiliki niat baik, malah tidak mendapatkan apa-apa setelah olahraga berjam-jam.

Rutin berolahraga dapat meningkatkan daya ingat
Source : freepik

Namun, sebuah penelitian menyatakan bahwa ada suatu latihan yang sebenarnya remeh tapi memiliki manfaat meningkatkan daya ingat. Para ilmuwan di University of California meneliti bagaimana latihan ringan singkat, seperti 10 menit yoga, berjalan lambat, atau tai chi memengaruhi fungsi otak dan daya ingat

Baca Juga :  Waspada Gejala Kanker Lambung, Ini Tanda-tandanya

3. Konsumsi vitamin

Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, termasuk vitamin, untuk menjaga kesehatan otak. Berbagai jenis vitamin, seperti vitamin B, C dan E untuk otak bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang.

4. Aktif bersosialisasi

Jangan putuskan hubungan silaturahmi dengan orang-orang di sekitar kamu. Mengobrol dengan teman, sahabat, dan kerabat terdekat merupakan cara efektif untuk meningkatkan daya ingat.

Bergaul dengan mereka dapat membebaskan kita dari stres dan frustrasi. Kedua situasi ini terkait erat dengan penyebab berkurangnya daya ingat.

bersosialisasi penting untuk tingkatkan daya ingat
Source : freepik

5. Melatih otak

Melatih keterampilan kognitif melalui game asah otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat.

Sebuah studi terhadap 42 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa bermain game dengan aplikasi asah otak selama 8 jam selama 4 minggu meningkatkan kinerja pada tes daya ingat.

Studi lain pada 4.715 orang menunjukkan bahwa ketika mereka mengikuti program pelatihan otak secara online selama 15 menit, 5 hari per minggu terlihat bahwa memori jangka pendek, memori kerja, fokus, dan pemecahan masalah mereka meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Baca Juga :  Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Bahkan, game asah otak telah terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang tua.

6. Bikin Aktivitas Lebih Terorganisir

Salah satu tanda berkurangnya daya ingat adalah sering lupa di mana harus meletakkan barang, lupa membawa barang, lupa ulang tahun pasangan, dll.

Nah, untuk meminimalkan kejadian tersebut, ada baiknya jika kita mulai mengatur setiap rencana. Biasakan menempatkannya di tempatnya, sehingga kita dapat menemukannya dengan mudah. Kita juga bisa menuliskan jadwal penting di agenda atau kalender yang disertakan di gadget untuk membantu mengingatkan.

7. Lakukan apa saja dengan enjoy

Ketika sesuatu dianggap sebagai tugas untuk dipelajari, maka akan lebih sulit untuk memproses informasi. Sebaliknya, ketika kita menyukainya dan bersemangat untuk mempelajarinya, kita dapat menyimpan dan mengingat informasi tersebut dengan baik.

enjoy life
Source : freepik

Oleh karena itu, buatlah pengalaman belajar kamu menyenangkan agar tidak merasa terbebani. Gunakan musik untuk membuat rileks dan melepaskan mood buruk.