fbpx
5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selama Berpuasa

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selama Berpuasa

Bau mulut kadang muncul ketika kita sedang beribadah puasa.

Hal ini tentunya akan membuat kita dan orang-orang di sekitar merasa tidak nyaman.

Bau mulut sebenarnya disebabkan oleh dehidrasi pada orang yang berpuasa.

Berikut beberapa tips yang bisa kita coba untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

1. Sikat gigi

Cara sederhana ini merupakan langkah paling mudah untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Usai sahur, silakan sikat gigi secara menyeluruh menggunakan metode yang benar untuk mencegah sisa makanan masuk ke sela-sela gigi. Selain itu, kita perlu menyikat gigi setelah berbuka atau sebelum tidur. Pilih pasta gigi yang bersifat antibakteri.

2. Bersihkan lidah

Jangan lupa untuk membersihkan lidah saat menggosok gigi. Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Kita dapat menggunakan pembersih lidah untuk membersihkan lidah dan memastikan lidah tetap bersih dan higienis.

Baca Juga :  5 Cara Alami Hilangkan Bau Mulut Secara Permanen

3. Perhatikan makanan dan minuman

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan apa yang kita asup agar bau mulut dapat dikontrol.

Di antaranya, disarankan untuk mengunyah permen karet mentol sesaat sebelum tidur. Dan kurangi konsumsi  produk susu saat sahur.

Mikroba yang mencerna susu padat (laktosa, protein dan lipid) terkadang menghasilkan hidrogen sulfida yang berlebihan. Inilah yang menyebabkan mulut kita berbau tidak enak setelah makan keju atau produk olahan susu lainnya.

Selanjutnya adalah tidak merokok, makan sehat dan seimbang, hindari makanan beraroma kuat atau pedas, dan kurangi makan/minum manis.

Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan jumlah bakteri penyebab bau mulut.

4. Gunakan obat kumur

Saat berpuasa, produksi air liur menurun. Karena air liur adalah pembersih mulut alami, sedikit air liur akan meningkatkan jumlah bakteri, yang dapat menyebabkan bau mulut.

Hal ini dapat dicegah dengan berkumur dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur kumur bisa mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, kandungan mentol yang biasanya terdapat pada obat kumur juga bisa membuat napas menjadi lebih segar.

Baca Juga :  5 Cara Alami Hilangkan Bau Mulut Secara Permanen

5. Bagi pemilik gigi palsu

Selama berpuasa, pengguna gigi palsu wajib memperhatikan kesehatan mulut. Pasalnya, pengguna gigi palsu rentan mengalami bau mulut.

Bagi pengguna gigi palsu, gigi harus rutin dibersihkan. Drg Susi juga merekomendasikan pembersihan setiap hari.

“Biasanya setelah makan, mungkin sehabis sahur atau berbuka. Atau sebelum tidur. Kapan saja yang penting harus dibersihkan,” tandasnya.