fbpx
3 Cara Otomatis Mematikan Laptop Windows 10

3 Cara Otomatis Mematikan Laptop Windows 10

Kita dapat mematikan komputer atau menjalankan proses shutdown yang aman melalui menu “Shut down” yang dapat diakses di menu “Start”.

Namun, pengguna mungkin saja lupa mematikan komputernya, terutama di malam hari karena tertidur. Akibatnya, komputer akan tetap menyala dan listrik akan terus mengisi daya perangkat tersebut.

Sebenarnya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menjadwalkan kapan komputer akan mati secara otomatis. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu repot mematikan komputer dengan mengunjungi menu “Start”.

Lantas, bagaimana cara menjadwalkan shutdown pada komputer/laptop Windows 10? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Pakai Command Prompt

  1. Jalankan Command Promptdengan mengetikan CMD pada jendela Run
  2. Ketikan perintah shutdown /s /t 60 jika ingin mati otomatis dalam 1 menit
  3. Tekan Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut
  4. Akan muncul pemberitahuan You’re about to be signed out, computer will shut down in less than minute
  5. Klik tombol Close dan komputer akan mati dalam beberapa detik kemudian
Baca Juga :  Mudah! Ini Cara Balik dari Windows 11 ke Windows 10
shutdown lewat cmd
shutdown lewat cmd

Catatan: jika belum memiliki aplikasi Command Prompt, maka download aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Pakai Task Scheduler

  1. Tekan tombol Windows satu kali dan ketik “Task Scheduler” di kotak pencarian. Sekarang, klik pada hasil yang muncul pertama.
  2. Selanjutnya, klik “Create Basic Task” yang terletak di panel kanan.
  3. Setelah itu, beri nama untuk Task tersebut dan klik “Next“. Sebagai contoh, saya telah memberi nama “Shutdown Otomatis“.
  4. Pada jendela berikutnya, pilih “Daily” jika kita ingin shutdown terjadi sekali setiap hari. Kita bebas memilih opsi lain juga berdasarkan preferensi.
  5. Setelah itu, masukkan waktu dan tanggal dari saat Task akan aktif. Misalkan, kita telah menjadwalkan shutdown otomatis pada setiap jam 23:00 atau 11 malam mulai hari ini. Ingat, bidang waktu hanya mendukung format 24 jam, jadi masukkan data kita hanya dalam format 24 jam.
  6. Pada tab “Action“, pilih “Start program” dan klik “Next“.
  7. Sekarang, paste shutdown.exe di bidang Program/Script dan /s /f /t 60 di Add arguments field. Pada dasarnya, /s berarti shutdown, /f berarti memaksa aplikasi di tutup dan /t berarti batas waktu yang dibatasi pada 60 detik. Ini berarti komputer akan mati setiap malam pada jam 11 setelah batas waktu 60 detik. Kita dapat mengubah batas waktu dengan mengubah jumlah detik.
  8. Sekarang, kita hampir selesai. Periksa semua detail Task dan klik tombol “Finish“.
  9. Jika kita ingin menguji apakah Task shutdown otomatis berfungsi dengan baik, klik “Task Scheduler Library” dan klik kanan pada “Shutdown Otomatis“. Sekarang, klik “Run“. Jika kita telah mengkonfigurasi semuanya dengan benar, PC akan mati dalam 60 detik.
Baca Juga :  6 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10

 

Catatan: jika belum memiliki aplikasi Task Scheduler, maka download aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Pakai PowerOff Timer

Selain menggunakan aplikasi sistem Windows 10 yang terkesan rumit, pengguna juga dapat dengan mudah mematikan komputer secara terjadwal menggunakan aplikasi PowerOff Timer

Setelah melakukan peng-install-an, buka aplikasi dan pilih opsi “Shutdown”. Kemudian, atur waktu waktu komputer akan mati secara otomatis.

Terakhir, klik tombol “Activate”. Jika pengguna ingin membatalkan waktu shutdown, buka kembali aplikasi dan klik tombol “Deactivate”.