fbpx
8 Khasiat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

8 Khasiat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang mete (disebut juga kacang mede) merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Alasan mengapa kacang ini begitu spesial di hati kebanyakan orang di seluruh dunia (termasuk Indonesia) adalah karena memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Dipadukan dengan manisnya coklat atau langsung disantap sebagai camilan dengan cara digoreng atau dipanggang, kacang mete selalu berhasil membuat siapapun yang menikmatinya menjadi ketagihan.

Selain itu, kini kita bisa dengan mudah menemukannya sebagai topping untuk berbagai sajian modern seperti coklat, susu, pie dan es krim.

Di balik kelezatannya, kacang mete juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, lho! Berbagai kandungan kacang mete, seperti serat pangan, beragam jenis vitamin, lemak tak jenuh, kalsium, zat besi, magnesium dan seng dapat menjaga kesehatan berbagai organ vital dalam tubuh. Nah, bagi yang penasaran dengan khasiat kacang mete untuk kesehatan tubuh? yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :  Tips Olahraga Saat Puasa, Perhatikan Hal- Hal Berikut !

1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang mete tidak hanya menjadi camilan yang enak, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Kacang mete dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL bertanggung jawab untuk mengangkut kolesterol dari jantung dan membawanya ke hati untuk diurai.

Makan kacang mete sesuai porsi juga dapat mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah tinggi, yang berdampak pada peningkatan kesehatan jantung.

2. Mencegah penyakit darah

Mengkonsumsi kacang mete secara rutin dan dalam jumlah terbatas dapat membantu mencegah penyakit darah.

Kacang mete kaya akan tembaga yang berperan penting dalam menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan defisiensi zat besi seperti anemia.

3. Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, mengatur pola makan sangatlah penting. Tidak hanya itu, tetapi juga harus memastikan bahwa makanan yang masuk ke dalam tubuh rendah lemak, namun tetap kaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain buah dan sayur, kacang-kacangan juga direkomendasikan sebagai makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Berbagai Vitamin dan Mineral Penting Bagi Ibu Hamil

Salah satu khasiat kacang mete adalah untuk menjaga berat badan saat diet. Kacang mete mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak di dalam tubuh. Konsumsi kacang mete secara teratur dapat membantu mengontrol berat badan.

4. Mengurangi gangguan pencernaan

Serat yang terkandung dalam kacang mete dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Setiap 100 gram kacang mete mengandung 3,3 gram serat.

5. Melindungi mata

Kacang mete mengandung antioksidan kuat yang disebut zea xanthin. Pigmen ini mudah diserap oleh retina.

Selain itu, pigmen ini dipercaya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia pada lansia.

6. Menyehatkan rambut

Tidak banyak orang yang tahu bahwa mengonsumsi kacang mete secara rutin dapat mempercantik rambut. Hal ini dikarenakan kandungan zat tembaga pada kacang mete yang tinggi, yang dapat mempertahankan warna alami rambut dan mencegah rambut beruban secara prematur.

7. Mengurangi peradangan

Kacang dan biji-bijian dianggap sebagai salah satu sumber penghasil antioksidan, tidak terkecuali kacang mete.

Baca Juga :  4 Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Cepat dan Praktis

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebaliknya, antioksidan membantu mencegah peradangan yang menyebabkan sejumlah penyakit.

8. Menjaga kesehatan otak

Kacang mete kaya akan asam lemak sehat, yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsinya.

Asam lemak sehat ini dapat membantu otak mengatur mood dan mendukung fungsi kognitif. Itu juga dapat mencegah masalah otak yang berhubungan dengan penuaan, seperti penurunan daya ingat pada lansia.