fbpx
Ini Cara Mencegah Serangan Peretasan Akun Instagram

Ini Cara Mencegah Serangan Peretasan Akun Instagram

Instagram menyebutkan bahwa beberapa pengguna telah menerima pesan langsung (DM) yang tampaknya berasal dari perusahaan Pusat Bantuan Hak Cipta. Mereka memberi tahu pengguna bahwa salah satu kiriman mereka mengandung pelanggaran hak cipta.

DM itu berisi ancaman akan menutup akun pengguna jika mereka tidak memberikan masukan yang menjelaskan mengapa pos tersebut tidak melanggar hak cipta apa pun. DM tidak memberikan pilihan kepada pengguna untuk hanya menghapus postingan. Ada juga tautan di bagian bawah DM ke situs web yang tidak dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan induk Facebook.

Akun resmi Instagram memposting tweet di Twitter, memberi tahu penggunanya bahwa mereka tidak pernah mengirim DM terkait pelanggaran hak cipta.

“Instagram tidak akan pernah mengirimi Anda DM tentang pelanggaran hak cipta atau pernah meminta detail pribadi Anda seperti kata sandi, dan lain-lain,” video di tweet menjelaskan. Mereka juga mengatakan “JANGAN KLIK ATAU BALAS”.

Sekarang, Instagram memiliki cara legal untuk menghubungi pengguna, tetapi tidak akan pernah menghubungi pengguna melalui pesan langsung. Jika Anda ingin memeriksa dan melihat apakah Anda telah menerima pesan dari Instagram, buka Pengaturan> Keamanan> Email Dari Instagram.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Stalker Instagram Tanpa Aplikasi

Ini juga saat yang tepat untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA yang dapat menyelamatkan akun Anda dari serangan jika seseorang mengetahui kata sandi Anda. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan 2FA dari dengan aplikasi seluler Instagram.

Buka Pengaturan> Keamanan> Autentikasi Dua Faktor. Klik tombol Mulai di bagian bawah layar. Pilih antara menggunakan aplikasi autentikasi atau pesan teks.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi autentikasi, Anda dapat menggunakan Google Authenticator. Jika Anda memilih metode aplikasi, Anda akan mendapatkan kode dari aplikasi untuk masuk ke Instagram. Jika Anda memilih metode teks, Anda akan menerima pesan teks dengan kode sebagai gantinya.

Jika Anda kehilangan ponsel atau tidak dapat menerima kata sandi 2FA, sistem akan memberi Anda banyak kode cadangan yang dapat digunakan untuk mengakses akun Anda. Ambil tangkapan layar dari kode-kode itu.

Sekarang setelah Anda mengaktifkan 2FA dan mempelajari kebenaran tentang DM hak cipta yang samar, Anda seharusnya dapat menikmati Instagram tanpa risiko diretas atau ditipu.

Baca Juga :  Cara Cepat Ganti Nama Akun di FB, IG, Twitter, TikTok

Source: republika