fbpx
8 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Anda Ketahui

8 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda penggemar kopi? Apakah Anda suka membuat kopi di rumah setiap pagi? Jika demikian, jangan buang ampas kopinya.

Sebab, ada banyak cara untuk memanfaatkan kembali ampas kopi. Ya, ampas kopi bisa digunakan sebagai bahan pembersih, pupuk tanaman dan perawatan tubuh.

Berikut ini berbagai manfaat ampas kopi yang perlu Anda ketahui.

1. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan lemak atau minyak dari tangan

Tangan Anda berminyak atau ada sisa minyak setelah memasak? Bersihkan tangan Anda dengan ampas kopi.

“Gunakan bubuk kopi dalam jumlah yang banyak dengan setetes deterjen,” kata Asser Christensen, pakar kopi dan pendiri The Coffee Chronicler, situs web yang didedikasikan untuk kopi spesial.

Baca Juga :  Membandingkan Manfaat Kesehatan Kopi dan Teh

“Enzim dalam kopi membantu memecah lemak, dan luas permukaan partikel kecil kopi memberi molekul sesuatu untuk melekat,” imbuh Christensen.

2. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau tak sedap

Bubuk kopi mengandung nitrogen, yang membuatnya sangat baik dalam menyerap bau. Inilah sebabnya mengapa Allie Caran, direktur pendidikan kopi di Brooklyn Company Partners Coffee, merekomendasikan untuk meletakkan bubuk kopi dalam wadah terbuka di dalam freezer, lemari, atau di mana pun yang berbau tak sedap untuk membantu menetralkan bau.

“Saat nitrogen digabungkan dengan karbon, gas belerang yang berbau asam akan hilang dari udara,” kata Aimee Aristotelous, ahli gizi bersertifikat dan penulis Almost Keto.

“Jadi, bahkan jika Anda membuang pekarangan Anda alih-alih menggunakannya dengan cara lain, bau sampah Anda akan dinetralkan,” sebut Aristotelous.

3. Gunakan ampas kopi jadi pupuk tanaman

Bubuk kopi kaya akan mineral penting yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, seperti kalsium, kalium, nitrogen, besi, magnesium, fosfor dan kromium.

“Menaburkan bubuk kopi yang kaya mineral di tanah kebun Anda akan menghasilkan keajaiban bagi tanaman Anda. Bubuk kopi juga membantu menyerap logam berat di dalam tanah dan menarik cacing, yang bagus untuk taman Anda,” ujar Aristotelous.

Baca Juga :  4 Cara Menyimpan Biji Kopi, Jangan Ditaruh di Sini Ya!

4. Usir serangga dengan ampas kopi

“Musim panas di luar ruangan Anda tidak harus direpotkan oleh nyamuk, kumbang, dan lalat buah,” tutur Aristotelous.

Senyawa yang ditemukan dalam kopi beracun bagi serangga. Jadi untuk membantu menjauhkan serangga, dia merekomendasikan untuk memercikkan beberapa bubuk kopi di area sekitar ruang duduk luar ruangan Anda seperti teras, balkon, atau halaman belakang.

Sebagai alternatif, Anda dapat menempatkan segenggam bubuk kopi di penanam dekoratif di atas meja.

5. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan kutu

Jika hewan peliharaan seperti kucing dan anjing Anda memiliki kutu, ampas kopi siap membantu.

“Setelah keramas, gabungkan bubuk kopi ke seluruh bulu hewan peliharaan Anda lalu bilas. Seperti serangga lainnya, kutu tidak menyukai kopi, jadi ini bisa menjadi cara bebas bahan kimia untuk merawat hewan peliharaan Anda,” ucap Aristotelous.

6. Buat lulur dengan menggunakan ampas kopi

Saatnya membersihkan sel kulit mati. Dokter kulit bersertifikat Jennifer T Haley menyarankan untuk mengubah bubuk kopi Anda menjadi lulur yang enak dengan mencampurkannya dengan minyak jojoba.

Baca Juga :  Membandingkan Manfaat Kesehatan Kopi dan Teh

“Kafein dan tindakan memijat di sekitar pinggul, perut, dan paha dapat membantu menstimulasi sirkulasi. Minyak jojoba organik yang diperas dingin adalah pelembab yang mewah, sehingga keduanya membuat kulit lembut dan terhidrasi,” papar Haley.

7. Kurangi tampilan selulit dengan ampas kopi

Bubuk kopi juga dikatakan membantu menghaluskan selulit.

“Selulit terjadi ketika jaringan ikat yang lemah tidak dapat menampung timbunan lemak di kulit. Kafein ditemukan dalam bubuk kopi dan kafein, bila dioleskan secara topikal, dapat membantu memecah timbunan lemak tersebut dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut, yang kemudian dapat mengurangi munculnya selulit,” ujar Aristotelous.

8. Gunakan ampas kopi sebagai perawatan mata anti penuaan

Bubuk kopi adalah cara praktis gratis untuk merawat area bawah mata Anda. Campur bubuk kopi dengan minyak kelapa dan sedikit air untuk membuat pasta yang bisa Anda oleskan di bawah mata Anda.

“Kafein kopi akan membantu merangsang aliran darah, yang dapat mengurangi munculnya penuaan dan lingkaran hitam, dan antioksidan kopi membantu menangkis radikal bebas,” ucap Aristotelous.

Source: kompas