fbpx
Google Rilis Aplikasi WifiNanScan, Apa Itu?

Google Rilis Aplikasi WifiNanScan, Apa Itu?

Google dilaporkan telah merilis aplikasi baru di perangkat Android yang memungkinkan ponsel terhubung satu sama lain dalam jarak yang lebih jauh daripada jangkauan bluetooth.

Pengguna ponsel Android memungkinkan untuk mengirim pesan satu dan lain ke sesama pengguna Android atau mentransfer data dalam jumlah besar tanpa koneksi internet.

Aplikasi baru itu bernama WifiNanScan. Aplikasi itu mengandalkan teknologi Neighbour Awareness Networking (NAN) untuk secara akurat mengetahui seberapa jauh jarak antara satu perangkat dengan perangkat lain.

Aplikasi itu juga memungkinkan ponsel menjadi penerima atau pengirim. Aplikasi sederhana itu memungkinkan pengguna untuk memilih peran yang ingin mereka penuhi, dan memungkinkan mereka untuk bertukar pesan dan mendeteksi kedekatan mereka satu sama lain.

Aplikasi WifiNanScan baru tersedia bagi pengembang agar dapat bereksperimen dengan Wi-Fi Aware.

Wi-Fi Aware, juga dikenal sebagai NAN, memungkinkan perangkat Android 8.0+ untuk langsung menemukan dan terhubung satu sama lain tanpa jenis koneksi Internet aktif apa pun.

API digunakan untuk menemukan perangkat terdekat dan membuat koneksi jaringan yang dapat berbagi data dalam jumlah besar atau mengirim pesan singkat.

Baca Juga :  Mengenal Fitur-fitur Google Docs & Cara Memakainya

“Teknologi ini mendukung tingkat throughput yang lebih tinggi dalam jarak yang lebih jauh daripada koneksi Bluetooth,” kata Google.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan WifiNanScan antara lain mengirim dokumen dengan aman ke tanpa masuk ke jaringan terlebih dahulu hingga melihat menu restoran dan buat reservasi sambil berjalan tanpa koneksi internet, bahkan saat restoran tutup.

Source: cnnindonesia