fbpx
Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video di iPhone

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video di iPhone

Apple dikenal memungkinkan penggunanya merekam video berkualitas tinggi. Sisi negatif dari video berkualitas tinggi adalah ukuran filenya terlalu besar.

Karena sebagian besar layanan media sosial membatasi ukuran file yang dibagikan, Anda perlu meng-compress video tersebut. Saat melakukan compress, kualitas video sebagian besar tetap sama, tetapi ukuran filenya jauh lebih kecil.

Metode compress video iPhone sangat sederhana. Namun, bagi yang belum tahu caranya, Anda tidak perlu khawatir. Kali ini kita akan membagikan cara tersebut.

Cara termudah untuk memperkecil video di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Video Compress adalah aplikasi gratis di iOS yang memungkinkan pengguna untuk mengompres video menjadi lebih kecil tanpa mengorbankan kualitas.

Anda tidak perlu mengonfigurasi opsi kompleks apa pun untuk mengompres. Cukup muat video ke dalam aplikasi dan sistem akan mengurangi ukurannya untuk Anda. bagaimana caranya?

  1. Unduh dan instal Video Compress di iPhone Anda jika Anda belum melakukannya.
  2. Buka aplikasi dan ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas. Kemudian pilih format file keluaran dari Jenis File Ekspor. Video terkompresi Anda akan disimpan dalam format ini.
  3. Kembali ke antarmuka utama, ketuk satu-satunya ikon di layar, dan pilih video yang ingin Anda kompres dari galeri Anda.
  4. Anda akan melihat penggeser yang memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat kompresi untuk video Anda. Seret penggeser ini untuk melihat ukuran file yang dihasilkan. Saat Anda puas dengan ukurannya, ketuk ikon di sudut kanan atas.
  5. Tunggu aplikasi untuk mengompres video Anda, lalu ketuk Simpan untuk menyimpan video.
Baca Juga :  4 Cara Cek IMEI Iphone, Penting untuk Diketahui!

Berikut cara menggunakan aplikasi ini untuk membuat video iPhone Anda lebih kecil:

  1. Luncurkan aplikasi dan ketuk Tambah (+) untuk menambahkan video untuk kompresi.
  2. Izinkan aplikasi untuk mengakses foto dan video Anda.
  3. Ketuk video untuk memilihnya untuk kompresi.
  4. Pada layar yang dihasilkan, tentukan Kecepatan Bingkai dan Dimensi Video untuk file video yang Anda hasilkan. Semakin kecil angka yang Anda pilih di sini, semakin Anda akan mengecilkan file video Anda.
  5. Kemudian, ketuk Kompres dan tunggu sementara aplikasi memampatkan video Anda.
  6. Setelah video Anda dikompresi, Anda akan melihat ukuran lama dan juga ukuran baru video Anda. Untuk menghapus video asli Anda, ketuk opsi Hapus Asli. Jika tidak, pilih Simpan 1 video asli untuk menyimpan video asli dan video terkompresi di ponsel Anda.

Compress Video di iPhone Menggunakan Media Converter

Tidak semua format video dioptimalkan sepenuhnya untuk ukuran file kecil. Karena iPhone Anda lebih berfokus pada kualitas dibanding ukuran file video Anda, mereka menggunakan format yang memungkinkan kualitas yang lebih baik tetapi memakan lebih banyak ruang Anda.

Baca Juga :  iPhone 13 Bakal Rilis September 2021, Yuk Nabung!

Mengonversi video iPhone Anda dari format default ke format terkompresi lain adalah cara lain untuk mengompres video Anda. Ini seharusnya tidak terlalu berdampak pada kualitas video Anda, dan ukuran file video Anda akan berkali-kali lebih kecil.

Media Converter (gratis, tersedia versi premium) adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi dan mengompres video Anda. Begini caranya:

  1. Unduh dan instal Media Converter di iPhone Anda.
  2. Ketuk Tambah (+) di bagian atas dan pilih Perpustakaan Foto.
  3. Izinkan aplikasi untuk mengakses galeri Anda, lalu ketuk video yang ingin Anda konversi dan kompres.
  4. Pilih Convert Video dari menu di layar Anda.
  5. Ketuk menu Format dan pilih format file untuk video Anda.
  6. Ubah opsi lain yang Anda inginkan dan terakhir ketuk Mulai Konversi untuk mulai mengonversi video Anda.Anda akan melihat file yang dikonversi di antarmuka utama.

Source: inews