fbpx
Ada Syarat Khusus IMT untuk Daftar CPNS, Apa Itu?

Ada Syarat Khusus IMT untuk Daftar CPNS, Apa Itu?

Informasi tentang CPNS menjadi salah satu informasi yang paling dinantikan oleh masyarakat. Pemerintah menyediakan 1,3 juta lowongan pada April 2021, yang terdiri dari CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Bulan April Mei 2021 dibuka proses pendaftaran dan Juni 2021 mulai dilakukan seleksi,” kata Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko beberapa waktu lalu.

Sambil menunggu dibukanya pendaftaran CPNS, beberapa syarat yang diperlukan bisa dipenuhi terlebih dahulu. Terutama persyaratan khusus di jabatan tertentu, seperti indeks massa tubuh (IMT) yang diwajibkan untuk posisi polisi kehutanan pada CPNS 2019.

“Khusus pelamar polisi kehutanan memiliki persyaratan tambahan tinggi badan minimal 165 cm (untuk laki-laki) dan 160 cm (untuk perempuan) dengan Indek Massa Tubuh (IMT) ideal,” tulis persyaratan khusus pengadaan CPNS 2019 Kementerian LHK.

Persyaratan khusus lainnya yang diperlukan untuk jabatan polisi kehutanan CPNS 2019 adalah tidak buta warna buta warna, berkacamata, dan mengalami cacat fisik, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Persyaratan lainnya adalah Anda tidak pernah mengalami patah tulang yang dibuktikan dengan hasil rontgen.

Baca Juga :  Cara Scan Semua Dokumen Persyaratan CPNS Via HP

IMT adalah indeks sederhana yang mengklasifikasikan kelebihan berat badan dan obesitas pada orang dewasa. IMT diperoleh dengan membandingkan tinggi dan berat badan.

Kategori IMT yang digunakan sebagai syarat CPNS:

1. Kurus

  • Kekurangan berat badan tingkat berat lebih kecil daripada 17,0
  • Kekurangan berat badan tingkat ringan 17,0-18,4

2. Normal

18,5-25,0

3. Gemuk

  • Kelebihan berat badan tingkat ringan 25,1-27,0
  • Kelebihan berat badan tingkat berat lebih besar daripada 27,0.

Selain persyaratan khusus, syarat umum tentunya wajib dipenuhi mereka yang ingin mendaftar CPNS. Syarat umum biasanya sama di tiap kementerian dan lembaga.

Syarat umum CPNS:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun dengan ketentuan lebih lanjut akan diumumkan dalam portal SSCASN
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan atau tidak atas permintaan sendiri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/anggota TNI/Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/siswa sekolah ikatan dinas pemerintah
  6. Tidak menjadi anggota, pengurus partai politik, atau terlibat politik praktis
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai syarat jabatan yang dilamar
  8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00
  9. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun minimal 10 tahun.
Baca Juga :  Agar Lolos Seleksi, Ikuti Trik Memilih Formasi CPNS Ini

Source: detik