fbpx
Sebaiknya TV Layar Datar Ditaruh di Meja atau Dinding?

Sebaiknya TV Layar Datar Ditaruh di Meja atau Dinding?

TV layar datar adalah salah satu jenis TV terbaru dan merupakan pengembangan dari TV lama.

Berbentuk ramping dengan kualitas gambar yang tajam adalah sebagian dari ciri TV layar datar, seperti TV LCD, LED TV, OLED, Plasma dan lain-lain.

Berbeda dengan TV tabung yang hanya bisa diletakkan pada tempat datar seperti meja atau rak, TV layar datar memiliki dua cara penempatan.

Jika kamu memiliki TV layar datar, apa pun jenis dan mereknya, kamu dapat memasangnya di dinding atau meletakkannya di atas meja atau rak TV dan sebagainya.

Namun, dalam dua metode penempatan TV LED tersebut, metode mana yang sebenarnya paling baik? Apakah ada keunggulan dari masing-masing cara menempatkannya?

Kelebihan memasang TV layar datar di dinding

1. Membuat ruangan terlihat lebih luas

Menempatkan TV layar datar di dinding ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih rapi dan luas.

Umumnya, memasang TV layar datar di dinding merupakan pilihan yang perlu dilakukan di ruang yang terbatas atau sempit.

2. Menjauhkan risiko jatuh

Karena ramping, TV layar datar biasanya tidak terlalu berat sehingga jika diletakkan di atas meja dengan tekanan yang besar akan mudah tergeser.

Jika kamu memiliki anak kecil di rumah yang suka bermain dan mengotak-atik TV layar datar, memasangnya di dinding adalah pilihan yang lebih aman untuk mencegah risiko jatuh.

Namun, perlu kamu waspadai bahwa jika ukuran layar TV melebihi 60 inci, sebaiknya jangan letakkan lebih dari 1 meter di atas lantai.

3. Layar TV bisa di lihat dari sudut manapun

Alasan mengapa banyak orang meletakkan TV layar datar di dinding adalah karena dapat dilihat dari segala sudut tanpa mempengaruhi kualitas gambar.

Baca Juga :  Cara Cek Daerah yang Sudah Ada Sinyal TV Digital

4. Ketinggian TV bisa diatur

Saat memasang TV layar datar di dinding, kamu dapat menyesuaikan ketinggian yang diperlukan agar nyaman untuk menonton.

Keuntungan meletakkan TV layar datar di atas meja

Jika kamu ingin menggunakan meja atau rak sebagai alas untuk menempatkan TV layar datar, ada beberapa keunggulan yang akan membantu menonjolkan konsep ruangan.

Berikut beberapa keuntungan meletakkan TV layar datar di atas meja atau rak.

1. Buat agar terlihat lebih anggun dan gagah

Saat diletakkan di atas meja, Anda akan melihat TV layar datar berdiri kokoh, terutama warna kontras antara TV dan meja.

Selain menunjukkan keberanian tampilan TV, hal tersebut juga akan mempertegas konsep ruangan yang ingin Anda ciptakan.

2. Lebih tahan lama

Tentu Anda ingin TV panel datar bertahan lebih lama dari perkiraan pabrikan, bukan?

Memasang TV layar datar di atas meja akan membuat TV lebih awet dibandingkan dengan pemasangan di dinding, karena suhu tinggi yang dipancarkan dari bagian belakang TV dapat mengalir dengan bebas.

Baca Juga :  Cara Cek Daerah yang Sudah Ada Sinyal TV Digital

3. Mudah dipindahkan

Karena tidak perlu memasang baut pengencang, TV yang diletakkan di atas meja lebih mudah dipindahkan ke posisi yang diinginkan, sehingga fleksibel.

Saat meletakkan TV layar datar di atas meja, Anda tidak perlu khawatir melepas braket dinding atau braket TV layar datar, yang akan memakan waktu dan merusak dinding.

4. Nyaman untuk menyimpan peralatan tambahan

TV layar datar di atas meja juga memberikan ruang di sekitar dan di bawahnya, yang dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Jika Anda memiliki banyak peralatan lain, atau koleksi media yang besar, meja atau kabinet TV dapat memberi Anda ruang untuk meletakkan segala sesuatu di dekat TV, dan Anda juga dapat menyembunyikan kabel yang berantakan di belakang TV.

Source: kompas