fbpx
Mengenal Fitur-fitur Google Docs & Cara Memakainya

Mengenal Fitur-fitur Google Docs & Cara Memakainya

Apakah Anda pernah mendengar tentang Google Docs? Apakah ini pertama kalinya Anda mendengar istilah itu dan ingin tahu sebenarnya bisa digunakan buat apa saja?

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang bersekolah atau kuliah, sangat penting untuk memahami cara dan manfaat menggunakan Google Docs.

Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan raksasa Google ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk menyelesaikan berbagai tugas yang harus dilakukan secara tim. Apalagi saat pandemi saat ini yang membuat bingung Anda yang sedang sekolah dan mendapatkan tugas kelompok. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Anda akan mengetahui apa saja fungsi dan fitur Google Docs serta cara menggunakannya.

Mengenal Fungsi dan Fitur yang Ada Pada Google Docs

Bagi Anda yang sudah mengenal dan sering menggunakan Microsoft Word, sebenarnya fungsi dan cara pakai Google Docs tidak jauh berbeda dengan Microsoft. Perbedaan antara keduanya terletak pada cara penggunaannya dan fungsi yang diberikan.

Baca Juga :  Cara Hapus Permanen Akun Google di HP dan PC

Jika Microsoft Word hanya dapat digunakan di satu perangkat, dan kalau misalnya teman dari Anda ingin mengedit file, harus memindahnya ke perangkat lain dulu, bukan?

Nah, Google Docs ini sifatnya online, Anda tidak perlu memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain. Anda hanya perlu membuka akses dari laman file Google Docs yang telah Anda buat, lalu membagikan link tersebut dengan orang lain yang ingin mengaksesnya. Nggak cuma untuk menulis dan mengolah kata saja, tetapi juga Google Docs menyediakan berbagai fitur lain yang dapat mempermudah penyelesaian pekerjaan Anda.

Google Docs ini juga memiliki fitur lainnya, seperti Sheets, Slides, Drawings, hingga Forms. Anda juga dapat membuat powerpoint dengan teman lain hanya dengan menggunakan fitur Google Slides. Selain itu, bagi Anda yang menyukai fitur sxcel, Google Sheets ini sendiri merupakan bentuk online dari Microsoft Excel.

Cara kerja berbagai fitur ini sebenarnya sama, Anda hanya perlu menyebarkan tautan file, dan Anda bersama teman satu kelompok dapat menyelesaikan pekerjaan bersama dalam waktu yang bersamaan pula. Anda dapat membuat, mengedit, dan mengakses kapanpun dan dimanapun yang Anda mau.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Meet untuk Rapat Virtual

Mudahnya Cara Membuat Google Docs

Anda tentu saja sudah memiliki email dengan domain Gmail, bukan? Jika belum, Anda perlu untuk membuat email terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fitur Google Docs. Kalau Anda ingin untuk mengakses melalui smartphone, Anda dapat mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Playstore atau Appstore.

Kalau menggunakan perangkat laptop atau komputer, Anda dapat langsung menuju laman docs.google.com atau juga melalui sebelah pojok kanan atas dari laman pencarian google dan klik pada bagian tersebut yang tertulis Docs dengan logo yang berwarna biru.

Untuk memulai menulis, Anda dapat memulai dengan halaman kosong dan menuliskan apa yang perlu untuk dikerjakan. Pada laman Google Docs, Anda akan melihat berbagai macam tombol yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Words.

Jika Anda ingin untuk mengerjakan pekerjaan bersama dengan orang lain, cukup untuk menekan tombol bagikan yang berada pada bagian pojok kanan atas. Anda dapat mengatur apakah ingin mengundang melalui email atau langsung membuka akses dengan hanya membagikan link saja. Setelah itu, Anda tinggal klik selesai dan Google Docs sudah dapat digunakan.

Baca Juga :  Cara Logout Akun Gmail di iOS, Android dan PC

Sangat mudah, bukan? Ayo, segera manfaatkan Google Docs untuk menyelesaikan pekerjaan.

Source: detik