fbpx
Mau Menurunkan Berat Badan, Coba Intermittent Fasting

Mau Menurunkan Berat Badan, Coba Intermittent Fasting

Saat ini, intermittent fasting merupakan salah satu tren kesehatan dan kebugaran terpopuler di dunia. Ini melibatkan siklus puasa dan makan yang bergantian.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan metabolisme, mencegah penyakit, dan bahkan membantu anda hidup lebih lama.

Artikel ini menjelaskan apa itu intermittent fasting dan mengapa anda harus menyimak dengan seksama.

Apa itu intermittent fasting?

Intermittent fasting adalah salah satu cara makan, Anda bisa melakukan siklus antara makan dan puasa. Tidak mengatur makanan mana yang harus dimakan, tapi kapan harus dimakan.

Ada beberapa metode intermittent fasting yang berbeda, yang semuanya membagi hari atau minggu menjadi periode makan dan periode puasa.

Kebanyakan orang “berpuasa” setiap hari saat mereka tidur. Intermittent fasting dapat memperpanjang waktu puasa sedikit lebih lama. Anda dapat melewatkan sarapan dan makan pertama pada siang hari dan makan terakhir pada jam 8 malam.

Baca Juga :  Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Kemudian, secara teknis, Anda harus berpuasa selama 16 jam sehari dan membatasi waktu makan Anda menjadi 8 jam. Ini adalah bentuk intermittent fasting yang paling populer dan disebut metode 16/8.

Meski Anda mungkin mengira, intermittent fasting sebenarnya sangat mudah dilakukan. Banyak orang melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik dan energik selama berpuasa.

Rasa lapar biasanya bukan masalah besar, meski mungkin ada masalah di awal, tetapi lama – kelamaan tubuh sudah terbiasa tidak makan dalam waktu yang lama.

Makanan tidak diperbolehkan selama puasa, tapi anda bisa minum air putih, kopi, teh dan minuman non kalori lainnya.

Beberapa bentuk intermittent fasting mengizinkan sejumlah kecil makanan rendah kalori selama periode puasa. Suplemen biasanya diperbolehkan selama puasa selama tidak mengandung kalori.

Kok Bisa Cepat?

Manusia sebenarnya telah berpuasa selama ribuan tahun. Terkadang, ketika tidak ada makanan sama sekali, ini dilakukan karena kebutuhan.

Dalam kasus lain, ini dilakukan karena alasan agama. Berbagai agama termasuk Islam, Kristen dan Budha mempraktikkan beberapa bentuk puasa.

Baca Juga :  4 Fakta Sarapan Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Orang dan hewan lain sering berpuasa secara naluriah saat sakit. Jelas, puasa bukanlah hal yang “tidak wajar”, dan tubuh kita sangat mampu mengatasi periode tidak makan yang lama.

Saat kita tidak makan dalam jangka waktu tertentu, berbagai proses di dalam tubuh akan berubah sehingga tubuh kita bisa tumbuh subur di saat kelaparan. Ini terkait dengan hormon, gen, dan proses perbaikan sel yang penting

Saat berpuasa, kadar gula darah dan insulin kita akan sangat berkurang, dan hormon pertumbuhan manusia juga akan meningkat drastis.

Banyak orang berpuasa sesekali untuk menurunkan berat badan, karena ini adalah cara yang sangat sederhana dan efektif untuk membatasi kalori dan membakar lemak.

Yang lain melakukan ini untuk kesehatan metabolisme karena dapat meningkatkan berbagai faktor risiko dan indikator kesehatan

Ada juga beberapa bukti bahwa intermittent fasting dapat membantu untuk hidup lebih lama. Studi pada hewan pengerat telah menunjukkan bahwa hal itu dapat memperpanjang hidup seefektif pembatasan kalori.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa itu dapat membantu mencegah penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit Alzheimer. Beberapa yang lainnya menyukai kenyamanan intermittent fasting.

Baca Juga :  Panduan Sehat Turunkan Berat Badan dalam 2 Minggu

Ini adalah “kecakapan hidup” yang efektif yang dapat membuat hidup lebih mudah dan pada saat yang sama meningkatkan kesehatan. Semakin sedikit makanan yang perlu anda rencanakan, semakin sederhana hidup Anda. Tidak perlu makan lebih dari 3-4 kali sehari dan itu juga bisa menghemat banyak waktu.

Metode intermittent fasting

Dalam beberapa tahun terakhir, intermittent fasting  telah menjadi sangat populer, dan beberapa jenis / metode berbeda telah muncul. Berikut beberapa yang paling populer:

  • Metode 16/8
  • Makan-Berhenti-Makan
  • Diet 5:2

Lalu masih banyak varian lainnya. Baca penjelasan lengkap metode-metode di atas di artikel Metode Intermittent Fasting Untuk Turunkan Berat Badan

Kesimpulan

Selama tetap berpegang pada makanan sehat, membatasi waktu makan dan berpuasa dari waktu ke waktu dapat membawa beberapa manfaat kesehatan yang sangat besar.

Ini adalah cara efektif untuk mengurangi lemak dan meningkatkan kesehatan metabolik sekaligus menyederhanakan hidup anda.