fbpx
Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Obesitas seringkali menyebabkan rasa percaya diri hilang. Faktanya, sebagian besar wanita merasa bahwa memiliki tubuh yang “jumbo” mengurangi nilai ketertarikan pada lawan jenis dan sulitnya memilih pakaian. Orang yang kelebihan berat badan juga rentan terkena penyakit berbahaya.

Penasaran bagaimana cara menurunkan berat badan secara cepat dan alami? Kamu bahkan bisa menjadi kurus hanya dalam satu minggu dengan cara yang mudah dan murah, asalkan disiplin menjalaninya.

Pada artikel kali ini, yuk simak cara mengikuti diet alami tanpa obat penurun berat badan!

Latihan/Berolahraga

Kunci utama cepat kurus adalah olahraga teratur setiap hari. Olahraga bisa membakar kalori dan lemak dari makanan. Jika ingin kurus, lakukan olahraga selama 200-300 menit seminggu atau sekitar 30 menit sehari.

Kamu disarankan untuk melakukan latihan intensitas sedang, seperti latihan kardio. Berikut ini jenis olahraga paling efektif dan efektif untuk membakar kalori.

Jalan-jalan santai

Lari joging setiap 2,3 km dapat membakar 255 kalori.

Bersepeda dengan santai

Ternyata bersepeda dengan kecepatan 10 mil per jam bisa membakar hingga 364 kalori per jam, lho!

Latihan aerobik atau senam.

Berolahraga selama satu jam dengan gerakan sederhana bisa membakar hingga 455 kalori.

Lari

Berlari selama satu jam bisa membakar hingga 1.000 kalori.

Gunakan treadmill

Saatnya pergi ke gym dan membakar lebih dari 255 kalori per jam di treadmill

Baca Juga :  4 Cara Efektif Mengecilkan Perut, Ini Rahasianya

Kamu juga dapat melakukan olahraga apa saja yang kamu sukai seperti lompat tali, renang, squat, burpe dan lain-lain sekaligus untuk membentuk tubuh ideal Kamu. Jika sudah terbiasa, Kamu bisa memilih latihan yang lebih berat dengan durasi yang lebih lama.

Perbanyak Makan sayuran

Kamu harus diet untuk cepat kurus, tapi tetap sehat dan aman. Diet bukan berarti kamu tidak makan nasi atau membatasi asupan makanan yang membahayakan kesehatan.

Kamu harus rajin menjaga pola makan dengan menyediakan asupan buah dan sayur serta dengan membatasi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Buah dan sayur merupakan makanan rendah kalori, tinggi vitamin dan kaya serat.

Sayuran yang dianjurkan untuk diet adalah bayam, kentang, kangkung, wortel, labu, selada air, dan sayuran lainnya. Selain itu, gantilah camilan dengan buah-buahan seperti stroberi, apel, bayam, pir, atau alpukat. Kamu bisa membuat hidangan lezat dari buah dan sayuran.

Jika Kamu sering makan gorengan, fast food atau snack dengan kandungan banyak lemak, sebaiknya hentikan. Gantilah pola makanmu dengan berbagai jenis sayuran olahan. Jika ingin sehat dan kurus, sebaiknya makan buah dan sayur setiap hari.

Minum banyak air

Cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat selanjutnya adalah minum banyak air untuk diet Kamu. Kamu dianjurkan minum air putih sebanyak 2 liter per hari atau sesuai kebutuhan. Minum cukup air bisa membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, minum air putih sebelum makan bisa menurunkan nafsu makan sehingga cocok untuk menurunkan berat badan. Dengan cara ini kamu akan makan lebih sedikit dan cepat kenyang.

Baca Juga :  Panduan Sehat Turunkan Berat Badan dalam 2 Minggu

Tidur yang cukup

Setelah rajin berolahraga, Kamu juga harus banyak istirahat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih larut biasanya akan cepat lapar, apalagi ditambah dengan makan camilan tidak sehat di malam hari.

Rasa lapar malam hari adalah hal biasa dan kamu tidak memiliki kendali atasnya. Alhasil, bobot tubuh akan bertambah seiring tubuh terus menyimpan lemak selama masa istirahat.

Jadi cara menurunkan berat badan adalah dengan tidur yang cukup kurang lebih 8 jam sehari untuk orang dewasa. Saat tidur, tubuh Kamu akan membakar lemak secara efektif. Kamu juga akan menjadi lebih bugar dan lebih sehat. Jadi jangan begadang lagi ya!

Hindari minuman manis

Kebanyakan orang mungkin menyukai minuman manis seperti es krim coklat, minuman boba, teh manis, minuman dalam kemasan dan jenis minuman lainnya. Meski rasanya enak, minuman manis pasti tinggi gula dan tinggi kalori.

Tanpa disadari, kandungan kalori dalam minuman manis yang dikonsumsi sehari-hari menjadi penyebab penumpukan gula, lemak, dan berat badan. Jadi sebaiknya batasi minuman manis, atau jika bisa, hindari minuman manis sama sekali.

Berdasarkan penelitian, asupan gula harian yang paling ideal hanya 50 gram atau sekitar 4 sendok makan per hari. Jadi jangan makan lebih banyak minuman atau makanan manis dari itu. Gantilah minuman manis dengan air putih atau air lemon, yang efektif untuk menghilangkan lemak dan rendah kalori.

Makan Sebelum Pukul 7 Malam

Kapan waktu yang ideal untuk makan malam agar tidak gemuk? Beberapa ahli kesehatan menganjurkan agar kamu makan sebelum jam 7 pagi atau sekitar 1 hingga 2 jam sebelum tidur.

Baca Juga :  Metode Intermittent Fasting Untuk Turunkan Berat Badan

Tubuh memiliki cukup waktu untuk membakar kalori dan mengubah lemak menjadi energi. Jika kamu makan tepat sebelum tidur, tubuh tidak dapat membakar kalori secara efektif dan akan tidur dengan lemak yang tersimpan di perutmu semalaman.

Meskipun kamu ingin menurunkan berat badan, tetapi itu tidak berarti untuk melewatkan makan malam sama sekali. Kamu tetap bisa makan dengan makan menu sehat sebelum jam 7 malam.

Jadi, pastikan untuk mengikuti cara alami dan sehat ini untuk menurunkan berat badan. Kamu juga bisa tidur lebih nyenyak dan bangun dengan segar di pagi hari.

Diet seimbang

Pola makan dan gaya hidup yang seimbang penting untuk menurunkan berat badan. Jika Kamu memutuskan untuk melakukan diet, bukan berarti kamu tidak bisa makan. Kamu tetap bisa makan, tapi porsi dan nilai asupannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu juga harus makan makanan yang sehat dan seimbang dengan olahraga teratur.

Nah, cara menurunkan berat badan secara alami itu mudah dan cepat. Kamu perlu fokus pada aturan nutrisi, jadwal makan, jadwal olahraga, dan gaya hidup kamu secara keseluruhan. Jika Kamu bisa menjalani gaya hidup ini, Kamu bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Dan yang terpenting, cara menurunkan berat badan yang telah disebutkan di atas harus dilaksanakan seluruhnya secara bersamaan. Sebab, jika salah satu ada yang tidak terlaksana dengan baik, berat badan tidak akan turun secara optimal.