fbpx
Industri Kreatif, Bisnis Yang Takkan Tergantikan Robot

Industri Kreatif, Bisnis Yang Takkan Tergantikan Robot

Pernahkah Anda bertanya-tanya masa depan seperti apa yang ingin diraih?

Pernahkah Anda bertanya-tanya: manfaat lain apa yang bisa anda berikan? Jika sejauh ini anda tidak dapat menjawab kedua pertanyaan tersebut, kali ini kami akan membantu menjawabnya.

Pentingnya menjadi wirausahawan kreatif

Manusia tidak diciptakan dan hidup untuk dirinya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang bisa bertahan hidup hanya dengan mengandalkan orang lain, atau setidaknya makhluk lain.

Dapatkah Anda membayangkan apa yang akan terjadi pada orang yang tinggal sendirian di tengah pulau tanpa makhluk lain? Tanpa usaha kreatif darinya, itu akan mati dalam sebulan.

Meski manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, banyak orang tetap memilih hidup untuk dirinya sendiri. Dia hanya bangun untuk dirinya sendiri, dia bekerja untuk dirinya sendiri, lalu dia tidur untuk dirinya sendiri.

24 jam dalam 7 hari, dia hanya mengisi dirinya dengan aktivitas untuk keuntungannya sendiri. Faktanya, orang bisa berbuat lebih banyak.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang untuk berbuat lebih banyak. Salah satu caranya adalah memberi manfaat bagi orang lain. Namun, belum banyak diketahui bahwa ada cara lain untuk menyebarkan keuntungan antara lain dengan menjadi seorang wirausaha.

Baca Juga :  Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif Agar Makin Cuan

Menjadi pengusaha tidak hanya memungkinkan anda menjadi kapten dalam hidup Anda. Anda juga bisa menjadi wadah bagi kehidupan orang lain dengan menciptakan lapangan kerja.

Mengapa perusahaan kreatif?

Menjadi pengusaha itu tidak mudah. Anda akan menghadapi beberapa tantangan yang belum pernah dialami sebelumnya.

Bagaimana perhatian melihat pasar, beradaptasi dengan perubahan, memuaskan pelanggan, meningkatkan modal, bagaimana memasarkan produk yang Anda miliki. Pertanyaan seperti itu terus menghantui orang yang ingin memulai bisnis.

Faktanya, kebanyakan pengusaha sukses lahir dari kecerobohan. Mereka hanya memiliki tekad dan visi untuk menjawab semua pertanyaan ini.

Lihat saja Elon Musk yang memulai perusahaannya dari situs pencarian alamat hingga raksasa roket dan mobil listrik seperti sekarang ini.

Tentu saja, bisnis yang sukses tidak dibangun dalam semalam. Butuh banyak waktu dan kerja keras yang konsisten untuk meraih kesuksesan. Apalagi di era yang penuh dengan teknologi seperti saat ini, teknologi perlahan mulai merambah ke berbagai lini aksi.

Awalnya, pekerjaan kasar seperti pekerja di jalur perakitan akan dikendalikan oleh teknologi. Kemudian, perlahan pekerjaan kerah biru lainnya akan diambil alih oleh teknologi berkat kemajuan kecerdasan buatan. Meskipun mesin dapat menggantikan orang, tidak semua tugas dapat diambil alih oleh mesin.

Baca Juga :  Cara Daftar Akun Aplikasi PT Perorangan di ahu.go.id

Menurut Michio Kaku, seorang astrofisikawan dan futuris, masih ada pekerjaan yang tidak bisa diambil alih oleh mesin, yaitu bidang pekerjaan yang membutuhkan kepemimpinan, hati nurani dan kreativitas yang hanya dimiliki manusia.

Salah satu bidang kegiatan yang mencakup ketiga hal ini adalah upaya kreatif. Bisnis yang bergerak didasarkan pada kemampuan manusia untuk mengolah informasi, melihat peluang, berpikir kreatif, dan memiliki niat tulus untuk membantu orang lain.

Upaya kreatif akan selalu relevan dengan zaman. Selera bisa berubah, tapi industri kreatif akan tetap memiliki pelanggan setia.

Tentu saja, karena sudah menjadi kodrat manusia untuk mencintai sesuatu yang indah, artistik dan bermanfaat. Maka usaha kreatif cocok untuk anda yang ingin membangun bisnis yang langgeng ditengah kemajuan teknologi yang pesat.

Selain membangun bisnis yang berkelanjutan, membangun upaya kreatif juga dapat membantu lebih banyak orang. Ini karena beberapa bentuk bisnis kreatif membutuhkan banyak tenaga.

Tidak semua upaya kreatif bisa dilakukan sendiri. Dengan begitu Anda pasti membutuhkan bantuan orang lain. Dengan ini Anda berhasil menjadi solusi dari tingginya angka pengangguran di Indonesia. Ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa anda coba lakukan. Beberapa padat modal, beberapa tidak.

Baca Juga :  5 Alternatif Bisnis Kreatif Selama Masa Pandemi

Beberapa dapat anda lakukan sendiri, yang lainnya tidak mungkin dilakukan sendiri. Jadi sebelum memilih untuk melakukan usaha kreatif apa pun, pertimbangkan sumber daya dan kemampuan anda sendiri. Jangan biarkan bisnis yang Anda rintis dihancurkan oleh kesalahan penilaian.

Bisnis kreatif yang ingin Anda lakukan juga bisa ditentukan berdasarkan siapa target pasar anda. Apakah mengkhususkan diri pada pasar lokal atau apakah Anda membangun produk untuk pasar internasional?

Pasalnya, selera masyarakat Indonesia berbeda dengan selera masyarakat internasional. Namun, anda tidak perlu bingung saat menentukan bisnis yang ingin anda bangun. Berikut beberapa contoh ide bisnis kreatif menarik yang bisa anda terapkan.

Kata Kunci:usaha yg tak tergantikan robot