fbpx
5 Alternatif Bisnis Kreatif Selama Masa Pandemi

5 Alternatif Bisnis Kreatif Selama Masa Pandemi

Bisnis kreatif merupakan bisnis yang mendayagunakan proses kreatifitas manusia melalui pemikiran, ide-ide dan juga tanpa mengeksplorasi sumberdaya alam.

Sumber Daya alam yang semakin menipis membuat bisnis kreatif dijadikan sebagai solusi atas minimnya persediaan sumber daya alam tersebut. Pasalnya bisnis ini tidak mendayagunakan sumber daya alam sama sekali.

Di samping tidak memerlukan pengelolaan sumberdaya alam, bisnis kreatif dikatakan sebagai solusi atas minimnya persediaan sumberdaya alam untuk saat ini. Walaupun demikian, tetap memberikan keuntungan kepada pelakunya.

Berikut ini macam-macam bisnis kreatif yang cukup menjanjikan untuk memberikan keuntungan, tanpa mengeksplorasi sumber daya alam:

Membuka Jasa Kepenulisan

Di tengah pandemi seperti saat ini, banyak orang yang diam di rumah. Maka dari itu, bisnis kreatif yang satu ini bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup potensial.

Membuka jasa kepenulisan merupakan bisnis kreatif yang membutuhkan kreatifitas dan pengembangan ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Baca Juga :  5 Peluang Bisnis yang Lagi Populer di Tengah Pandemi

Membuka Jasa Periklanan Kreatif

Ide bisnis kreatif yang cukup potensial selanjutnya adalah dengan membuka jasa periklanan kreatif.

Bisnis kreatif yang satu ini mengharuskan setiap pelakunya untuk aktif di sosial media serta memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Membuat Produk Daur Ulang.

Disamping bisa turut menjaga lingkungan, bisnis kreatif dengan membuat produk daur ulang bisa menambah manfaat produk yang tidak terpakai lagi untuk menghasilkan keuntungan.

Bisnis kreatif yang satu ini dapat turut serta menjaga keseimbangan lingkungan dari jumlah sampah yang dapat merusak lingkungan.

Menyewakan Peralatan Bayi

Membeli peralatan bayi yang tidak terpakai lama merupakan suatu pemborosan. Maka dari itu, bisnis kreatif dengan menyewakan peralatan bayi bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Modal awal bisnis kreatif ini bisa dengan menyewakan peralatan bayi yang telah dipakai oleh pelaku bisnis yang telah memiliki anak. Dengan demikian tidak memerlukan lagi pembelian peralatan bayi.

Membuat Undangan

Ide bisnis kreatif selanjutnya yang cukup menghasilkan adalah membuat undangan. Undangan dirancang dalam bentuk yang berbeda-beda sehingga membutuhkan kreatifitas pemikiran yang unik.

Baca Juga :  Trik Mudah Meraup Keuntungan dari Bisnis Online

Disamping itu, bisnis kreatif membuat undangan bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan. Pasalnya, bisnis ini bukan bisnis musiman dan tidak memerlukan eksplorasi sumber daya alam yang kian menipis.

Semakin menipisnya persediaan sumber daya alam, sementara kebutuhan kesejahteraan setiap individu kian meningkat. Sebagai solusinya, diperlukan bisnis kreatif yang mampu membuat kesejahteraan individu tercukupi tanpa harus mengeksplorasi sumber daya alam, yang semakin terbatas.