fbpx
Ini 3 Burung yang Bagus Dipelihara untuk Anak-anak

Ini 3 Burung yang Bagus Dipelihara untuk Anak-anak

Burung memang merupakan hewan peliharaan yang aman untuk anak-anak.

Namun, kamu harus memilih jenis burung yang tepat, yang tidak hanya aman untuk anak-anak, tetapi juga memerlukan perawatan paling minim dan tidak terlalu berisik serta biaya perawatan yang terjangkau.

Selain itu, jenis burung peliharaan yang dipilih haruslah burung yang bisa hidup berdampingan dengan manusia.

Berikut tiga burung peliharaan yang baik untuk anak-anak:

1. Burung kutilang

Burung kutilang dan kenari adalah burung pertama dalam daftar burung peliharaan terbaik untuk anak-anak.

Sebab, burung ini hanya membutuhkan sedikit interaksi dan mudah dirawat. Anak-anak kecil cenderung menyukai burung-burung ini karena mereka menarik dan memberikan “musik” yang menenangkan dengan kicauannya yang lembut.

Burung kutilang biasanya tidak mempermasalahkan untuk berinteraksi dengan manusia. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk memelihara burung ini, belilah dua atau lebih agar mereka dapat memiliki teman.

Baca Juga :  Ketahui Tips Jitu Agar Lovebird Makin Rajin Berkicau

Selain itu, meskipun beberapa orang dapat melatih kutilang dan kenari untuk, sebagian besar burung ini tidak boleh dikeluarkan dari kandangnya.

Itu berarti jika anak sangat membutuhkan burung yang benar-benar dapat mereka ajak berinteraksi, pertimbangkan budgie atau cockatiel sebagai gantinya.

Burung kutilang adalah burung yang sangat lembut dan membutuhkan kelembutan dan perhatian.

Meskipun mereka bukan spesies yang mudah dibawa, kutilang juga merupakan burung menawan yang dapat dipelihara di rumah. Mereka dapat memberikan hiburan dan mendidik bagi anak-anak.

2. Burung parkit

Budgie atau parkit yang bernama asli budgerigar menempati urutan kedua dalam daftar burung peliharaan terbaik untuk anak-anak. Burung berwarna cerah ini bisa sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Burung jenis ini mentolerir penanganan dengan cukup baik, relatif mudah dirawat, dan dapat belajar berbicara.

Parkit memiliki kepribadian yang lembut dan sering kali memiliki ikatan yang cukup kuat dengan pemiliknya, menjadikannya teman yang baik bagi pecinta burung muda.

Pilih burung jenis parkit jika anak menginginkan burung yang benar-benar akan menjadi sahabatnya. Kebanyakan parkit yang diberi makan dengan tangan sangat manis dan akan dengan senang hati menurutinya.

Baca Juga :  Ketahui Tips Jitu Agar Lovebird Makin Rajin Berkicau

Namun, parkit masih kecil cenderung rapuh, jadi anak-anak harus diajari cara menangani burung yang aman.

Parkit membutuhkan diet seimbang dari sayuran berdaun hijau, sayuran, beberapa biji, dan diet pelet yang diformulasikan. Memberikannya benih sembarangan sangat tidak sehat.

Parkit peliharaan rata-rata hidup sekitar lima hingga 10 tahun. Makanan sehat memainkan peran kunci dalam umur panjangnya.

3. Burung parkit Australia (cockatiel)

Burung parkit Australia lebih besar dari kutilang dan parkit, tapi mereka tetap salah satu burung peliharaan terbaik untuk anak-anak.

Burung ini dapat belajar berbicara, bersiul, dan melakukan trik, membuat mereka menyenangkan bagi anak-anak.

Burung parkit Australia cocok dengan anak-anak yang lebih tua yang dapat mencurahkan waktu untuk berinteraksi dengan mereka.

Mereka menikmati waktu di luar kandang dan membutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan daripada burung finch atau parkit biasa. Jadi pilihlah burung cockatiel atau parkit australia untuk anak-anak yang sangat ingin memelihara burung dan mempelajarinya.

Untuk memelihara burung ini, kamu harus memberinya makan makanan yang seimbang (tidak hanya benih), menyediakan air bersih setiap hari, membersihkan kandang, dan berinteraksi dengan cockatiel.

Baca Juga :  Ketahui Tips Jitu Agar Lovebird Makin Rajin Berkicau

Meskipun anak mungkin memerlukan pengawasan saat menyelesaikan tugas-tugas ini tergantung pada usianya, mereka tetap dapat belajar banyak dari merawat burung seperti burung cockatiel.

Source: kompas