fbpx
Cara Merawat Philodendron Birkin Agar Tumbuh Baik

Cara Merawat Philodendron Birkin Agar Tumbuh Baik

Salah satu dari banyak jenis philodendron, terdapat tanaman hias yang bisa menjadi elemen dekoratif di dalam rumah, yakni philodendron birkin.

Birkin yang merupakan keluarga dari tanaman philodendron memiliki daun hijau yang mengilap dengan garis-garis putih di permukaannya. Philodendron birkin memiliki tinggi sekitar 50 sentimeter hingga 100 sentimeter.

Tidak sulit untuk merawat philodendron birkin, tetapi Anda harus menyediakan banyak kelembapan di udara dan tanah yang terhidrasi dengan baik. Tanaman ini bisa tumbuh pada suhu 15 hingga 20 derajat Celcius.

Oleh karena itu, disarankan untuk meletakkan birkin di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Selain itu, agar tumbuh birkin harus diberi pupuk setiap satu bulan sekali.

Birkin bisa hidup di tanah yang lembab tapi tidak basah. Menjaga birkin tetap terhidrasi dan memastikan drainase maksimal merupakan perlu mendapatkan perhatian utama dalam merawat birkin.

Penting juga untuk mempertimbangkan menjaga keseimbangan air. Karena itu, sirami birkin 1-2 kali seminggu.

Selain itu, juga ketika akan disiram, tanah bagian atas media tanam sudah kering sehingga tidak terlalu banyak air yang diberikan.

Mengenai kondisi tanah, birkin dapat hidup di tanah dengan drainase yang baik dan nutrisi yang optimal. Cara terbaik adalah menambahkan lumut ke campuran tanah agar birkin tumbuh subur.

Harus dipastikan bahwa campuran tanah dan lumut harus berkualitas baik dan tahan terhadap genangan air. Untuk mendapatkannya, Anda harus membayar 350 ribu rupiah hingga 1 jutaan rupiah.

Cara Merawat Philodendron Birkin

Bagi Anda yang tertarik ingin merawat Philodendron birkin, sebelum membeli perhatikan cara berikut ini agar tanaman hias yang dirawat nantinya dapat tumbuh dengan baik:

1. Penyiraman

Cara merawat tanaman hias philodendron birkin tak sulit. Kunci terpenting dalam merawat jenis tanaman hias ini adalah memberikannya banyak kelembapan, jauhkan dari sinar matahari langsung, dan penyiraman tepat.

Meski harus lembap, bukan berarti tanah disiram hingga terlalu basah. Anda cukup siram tanaman 1-2 kali dalam seminggu. Namun, pastikan tanah di atasnya sudah mengering sebelum disiram, agar tanahnya menjadi tidak terlalu basah.

Sebab, kelebihan air akan mengakibatkan akar tanaman menjadi busuk dan cepat mati. Cara terbaik untuk memeriksa kelembapan adalah dengan meletakkan jari di tanah.

2. Tanah

Media tanam tanah adalah bagian penting dari perawatan tanaman hias philodendron birkin yang sehat. Agar memperoleh nutrisi yang optimal, tanah tanaman hias ini harus kering dahulu sebelum disiram.

Cara tepat untuk mempertahankan kesuburan tanah yaitu dengan menambahkan lumut gambut ke dalam tanah tanaman hias philodendron birkin.

Lumut gambut memiliki tekstur kasar dan lapang. Berkat teksturnya yang kasar itulah ia dapat menahan air. Sehingga mencegah tanah menjadi terlalu basah. Oleh karena itu, menambahkan lumut gambut ke dalam tanah menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga :  5 Tanaman Pisang-pisangan Ini Bisa Percantik Rumah

3. Sinar Matahari

Tanaman hias philodendron birkin tumbuh subur dari cahaya tidak langsung yang terang. Meletakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari langsung, hanya akan merusak daunnya.

Jika terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, daun akan menjadi cepat rontok, tanaman hias ini juga akan cepat mengering dan layu.

Jadi, letakkan tanaman hias ini di ambang jendela. Gunakan tirai sebagai pembatas antara sinar matahari dan tanaman.

4. Suhu

Philodendron birkin tumbuh dengan baik di ruangan yang hangat dan lembap karena merupakan tanaman hias tropis. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga suhu ruangan antara 18-24 derajat celsius.

Suhu dingin yang melebihi kisaran ini dapat membuat tanaman hias Anda jadi tampak tidak sehat. Pastikan tanaman hias ini berada di tempat yang hangat.

5. Kelembapan

Berasal dari daerah tropis, philodendron birkin dapat tumbuh subur pada kelembapan yang tinggi. Semakin tinggi kelembapan yang dimilikinya, semakin sehat pula tanamannya.

Daun pada philodendron birkin ini juga akan tumbuh semakin sehat bila memperoleh kelembapan yang maksimal.

Oleh sebab itu, tanaman hias ini lebih cocok diletakkan di ruangan indoor. Bila perlu, tambahkan humidiier atau pelembap udara agar konsistensi kelembapan terus terjaga.

Baca Juga :  Inilah Jenis Aglonema Termahal Sepanjang Sejarah

Namun, Anda juga bisa kok menyemprot tanaman hias ini secara teratur, asal jangan membiarkan tanahnya terlalu basah.

6. Pupuk

Perawatan Philodendron birkin selanjutnya adalah pupuk. Pupuk merupakan kunci utama tanaman hias philodendron birkin yang sehat dengan daun besar yang indah.

Gunakan pupuk cair agar tanaman hias ini dapat tumbuh maksimal. Namun, pupuk cair ini harus memiliki unsur hara mikro kalsium dan magnesium.

Kedua nutrisi ini penting untuk tanaman hias philodendron. Tambahkan pupuk cair setiap seminggu sekali untuk hasil yang maksimal. Akan tetapi, bila cuaca sedang dingin, Anda hanya perlu memberikan pupuk sebulan sekali.

7. Repotting

Ketika akarnya telah mengembang sejauh mungkin di dasar pot, berarti saatnya untuk memindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar. Gunakan wadah beberapa inci lebih besar agar pertumbuhan barunya keluar.

8. Pemangkasan

Perawatan Philodendron birkin yang terakhir adalah tanaman hias ini memiliki kebiasaan tumbuh rapi dengan daun besar dan terpisah, Anda tidak perlu memangkas untuk mempertahankan bentuknya. Namun, Anda bisa merawat dan menjaganya tetap bersih.

Bersihkan daun dan periksa sekitar tanaman untuk melihat apakah bebas dari serangga, penyakit, dan masalah pertumbuhan lainnya.

Itu lah serba-serbi tentang tanaman hias Philodendron birkin. Anda bisa memilih jenis tanaman tersebut sebagai pelengkap koleksi tanaman di rumah Anda.

Source: cnnindonesia