fbpx
Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Terhitung sudah berbulan – bulan pandemi Covid-19 telah melanda berbagai negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Kondisi ini tentu saja berdampak pada sektor perekonomian yang menurun drastis. Bahkan, tidak sedikit masyarakat Indonesia maupun di seluruh dunia yang terkena imbas dari pandemi Covid-19 ini.

Di antaranya seperti kehilangan pekerjaan dan banyaknya perusahaan yang bangkrut lantaran terhambatnya roda perekonomian. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui tips mudah dalam menjalankan bisnis di masa pandemi Covid-19 dengan modal yang minim.

Tips memulai bisnis di masa pandemi Covid-19

Sebagian besar orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di masa pandemi Covid-19 tentu akan sangat merasakan dampak perubahan dalam kehidupan dalam sehari – hari. Jika biasanya setiap bulan akan mendapatkan gaji dari perusahaan tempat bekerja, namun sekarang harapan itu harus pupus ketika pandemi Covid-19 melanda. Alasan itulah yang membuat banyak orang kini mulai berpikir keras mencari cara dalam mencukupi kebutuhan sehari – hari untuk keluarga. Sehingga, tidak heran jika sekarang ini berbagai bisnis kecil – kecilan sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 dengan modal yang seadanya?

  • Menganalisis peluang bisnis dan kebutuhan pasar
Baca Juga :  Alami Anosmia, 6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Nafsu Makan

Dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang membuat orang – orang diharuskan untuk menjaga jarak dari kerumunan massa, maka kebutuhan konsumsi secara online tentu saja akan meningkat. Kondisi ini bisa dijadikan acuan dalam menganalisis peluang bisnis dan kebutuhan pasar yang memang dibutuhkan banyak orang. Oleh karena itu, dalam menentukan bisnis yang dijalankan di masa pandemi Covid-19 sangat disarankan untuk memilih bisnis yang benar – benar potensial. Sebab, hal ini bertujuan untuk memperlancar bisnis yang nantinya akan dijalankan.

  • Sesuaikan modal bisnis dengan kondisi keuangan

Memulai bisnis di tengah pandemi Covid-19 tidak diharuskan memiliki modal yang besar. Apalagi bagi pebisnis pemula yang memang berniat untuk mencoba membuka bisnis dengan modal seadanya. Oleh karena itu, ada baiknya memilih bisnis dengan modal yang sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

  • Tentukan target bisnis secara jelas

Penting untuk diketahui bahwa memulai bisnis di masa pandemi Covid-19 juga harus menentukan target secara jelas. Menentukan target bisnis bisa dilakukan dengan menyusun perencanaan, strategi, cara pendekatan yang tepat kepada konsumen dan sebagainya. Dengan target yang jelas, maka bisnis yang dijalankan akan terfokus pada satu tujuan.

  • Menjalankan bisnis potensial yang telah dipilih
Baca Juga :  3 Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya, Terapkan!

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis di masa pandemi Covid-19, yakni dengan menjalankan bisnis potensial yang telah dipilih. Penting untuk diperhatikan, bahwa bisnis harus dijalankan secara fokus dan serius agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.

  • Manfaatkan media sosial dan media pemasaran secara optimal

Bisnis yang dijalankan dikatakan dapat berjalan dengan lancar apabila orang – orang mengenali produk – produk tersebut. Strategi yang dapat digunakan untuk mengenalkan produk tersebut agar lebih dikenal masyarakat secara luas, yakni dengan memanfaatkan media sosial dan media pemasaran secara optimal. Dengan mempromosikan produk yang ditawarkan, maka produk tersebut akan lebih mudah untuk dibeli oleh berbagai konsumen dari masyarakat secara luas.

Contoh ide bisnis di masa pandemi Covid-19

Berbagai contoh ide bisnis di masa pandemi Covid-19 yang dapat dijalankan antara lain sebagai berikut :

  • Bisnis produk makanan beku (frozen food) dan camilan
  • Bisnis produk minuman
  • Bisnis produk fashion
  • Bisnis produk kecantikan dan perawatan kulit
  • Bisnis produk kesehatan