fbpx
Selo, Mobil Listrik Indonesia Yang Kini Terlupakan

Selo, Mobil Listrik Indonesia Yang Kini Terlupakan

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia mulai menggalakkan popularitas kendaraan listrik. Salah satu merk mobil listrik ternama terbaru, Tesla, akan segera menjual Tesla Cybertruck di Tanah Air.

Tesla Cybertruck merupakan mobil listrik dengan desain futuristik. Tesla Cybertruck dapat menempuh jarak 482 kilometer dengan sekali pengisian daya. Prestige Motorcars sudah mulai membuka order kepada calon konsumen di Indonesia, dengan uang muka 100 juta Rupiah.

Tapi tahukah Anda kalau Indonesia sebenarnya bisa bikin mobil listrik sendiri? Tak percaya kan? Dan ironisnya, dalam upaya pemerintah untuk menjadikan ekosistem kendaraan listrik lebih ramah lingkungan, sayangnya tidak dibarengi dengan kampanye untuk mendukung karya anak bangsa sendiri.

Setidaknya, inilah yang dialami mobil listrik Selo. Pada 2015, Ricky Elson menciptakan mobil listrik bernama Selo. Selo menjadi saksi biksu, Indonesia mampu memproduksi mobil ramah lingkungan, dan banyak negara maju juga mengembangkan mobil semacam itu.

Sempat diharapkan menjadi kebanggaan Indonesia, sayang nasib Selo tidak menentu, karena dinyatakan gagal uji emisi. Bahkan, mobil listrik Selo dinilai sudah tidak layak produksi.

Baca Juga : Mobil Listrik : Makin Kesini Makin Diminati

Meski sempat “ditolak” di negaranya sendiri, Selo justru “dibajak” oleh Malaysia, dan mereka ingin terus mengembangkan mobil listrik ini. Sang Pencipta tidak menyia-nyiakan peluang walaupun bukan dari tanah airnya sendiri.

Baca Juga :  Mobil Listrik : Makin Kesini Makin Diminati

Selo dikatakan memiliki tenaga maksimum 182 hp dan kecepatan tertinggi 220 kilometer per jam. Menggunakan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 250 kilometer untuk sekali mengisi daya, dan hanya butuh 4 jam untuk pengisian daya.

Setelah 2016, Ricky dan mobil listrik Selo-nya tidak pernah terdengar lagi. Baru tahun lalu, dia bersiap kembali dengan generasi kedua Selo.

Ricky sendiri sebelumnya pernah bekerja di sebuah perusahaan di Jepang, mendesain berbagai generator motor untuk berbagai keperluan. Selama periode ini, ia telah berhasil mengajukan hak paten untuk beberapa karyanya.

 

Source : akurat.co