fbpx
Tanda-Tanda Pencernaan Sehat Yang Perlu Diketahui

Tanda-Tanda Pencernaan Sehat Yang Perlu Diketahui

Tahukah kamu bagaimana caranya mengetahui tanda-tanda pencernaan sehat?

Nah, daripada semakin penasaran, yuk langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Feses yang Tidak Keras dan Berwarna Cokelat 

Tentunya buang air besar secara rutin saja tidak akan cukup untuk menggambarkan sistem pencernaan kamu benar-benar sehat. Agar dapat memastikannya lebih lanjut, maka kamu perlu melihat warna dan bentuk feses yang keluar ketika BAB.

Biasanya proses pembuatan feses di dalam usus berlangsung hingga 3 hari. Nah, seberapa lama atau cepatnya proses ini berlangsung bisa menentukan bentuk, warna, ukuran, hingga tekstur feses kamu.

Umumnya feses dari hasil sistem pencernaan yang memang sehat bertekstur lunak dan lembut, yang panjang berbentuk lonjong mirip sosis, serta berwarna coklat.

Seharusnya feses yang sehat tidak terdapat kandungan potongan makanan yang memang tidak tercerna hingga baunya yang juga tidak menyengat. Dan yang paling penting adalah feses yang sehat akan mudah dikeluarkan, umumnya tetap utuh ketika disiram.

Berat Badan Stabil

Baca Juga :  Ini 6 Cara Gampang Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Nah, tanda pencernaan sehat berikutnya yaitu angka berat badan kamu stabil. Maksudnya adalah berat badan yang kamu miliki tidak tiba-tiba turun drastis atau melonjak naik dalam waktu singkat.

Yang jelas perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak bisa menandakan bahwa kerja usus kamu tidak maksimal saat menyerap nutrisi, baik karena mengalami kerusakan yang terjadi akibat penyakit maupun cedera hingga populasi bakteri yang ada di dalamnya tidak seimbang dan terganggu. Penurunan berat badan yang secara tiba-tiba bisa disebabkan karena pertumbuhan bakteri secara berlebihan di usus kecil.

Justru bakteri yang tumbuh secara berlebih bisa memakan nutrisi makanan kamu untuk dirinya sendiri, dengan begitu kamu jadi kekurangan nutrisi.

Sedangkan bertambahnya berat badan secara drastis mungkin saja dipicu keinginan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan karena usus yang kamu miliki tidak berfungsi secara maksimal ketika menyerap nutrisi.

Selain itu, ketidakseimbangan bakteri usus pun bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah hingga menyimpan lemak, dengan begitu akan memengaruhi berat badan yang kamu miliki.

Baca Juga :  Ini Lho 5 Penyebab Teliga Berdenging, Apakah Bahaya?

Kulit Kamu Sehat

Pada dasarnya kulit yang lembut dan sehat juga merupakan salah satu tanda pencernaan sehat. Ketika organ cerna yang kamu miliki bermasalah, maka tidaklah mengherankan kulit kamu akan menjadi iritasi dengan mudah.

Jaringan kulit serta usus sebenarnya sama-sama memiliki sifat sensitif yang mudah menyerap sesuatu. Seringkali peradangan yang terjadi di usus disebabkan oleh pola makan yang kamu konsumsi buruk.

Tentu saja hal ini bisa membuat protein tertentu di dalam tubuh “bocor” ke jaringan kulit. Akibatnya jaringan kulit akan menganggap jika protein tersebut adalah zat asing yang perlu dilawan.

Suasana Hati yang Stabil

Nah, pencernaan yang berfungsi secara optimal dan sehat bisa diwakili dengan seberapa bagusnya suasana hati kamu saat ini. Bahkan para peneliti menyadari jika perubahan emosi secara drastis bisa menandakan jika seseorang sedang terkena diare, irritable bowel syndrome, kembung, hingga sakit perut yang terjadi tanpa sebab.

Selain itu, mereka juga setuju jika gangguan pencernaan bisa mengubah suasana hati. Hal ini dikarenakan kerja organ cerna dan otak saling terhubung. Apabila kamu sering mengalami gejala depresi atau mood swing, coba periksakan diri ke dokter spesialis dari penyakit dalam agar dapat memastikan jika pencernaan kamu baik-baik saja.

Baca Juga :  7 Cara Alami Mengatasi Perut Buncit Jadi Rata

Demikianlah tanda-tanda pencernaan sehat yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!