fbpx
Apa Sih Bedanya Calling dan Ringing di Panggilan WA?

Apa Sih Bedanya Calling dan Ringing di Panggilan WA?

Siapa yang tidak kenal WhatsApp? Aplikasi perpesanan instan populer milik Facebook ini menawarkan berbagai fitur gratis yang dapat dimanfaatkan penggunanya.

Salah satunya adalah fitur panggilan suara atau WHatsApp Voice Call. Seperti namanya, fitur ini bisa digunakan oleh pengguna untuk menelepon pengguna lain.

Caranya mudah, pengguna hanya perlu mengklik ikon ganggang telepon di kanan atas ruang obrolan. Setelah itu layar akan menampilkan keterangan dan status panggilan suara yang sedang dilakukan.

Selanjutnya, layar akan menampilkan nama pengguna yang dituju. Di bawah ini, pengguna akan melihat status panggilan, yaitu “Calling” atau “Ringing”.

Nah, sebenarnya apa sih perbedaan “Calling” dan “Ringing” di panggilan suara WhatsApp?

Pertanyaan ini juga muncul di situs Quora. Beberapa pengguna Quora juga membagikan pendapat mereka.

Akun atas nama Jayesh Thakkar dari India adalah yang pertama menjawab pertanyaan itu.

Dia mengatakan perbedaan mendasar dari status “Calling” dan “Ringing” di WhatsApp berhubungan erat dengan ketersediaan jaringan internet sang pengguna yang dituju.

Baca Juga :  Simak Ini Tips Menjaga Keamanan Privasi di WhatsApp

Ketika layar menunjukkan keterangan “Calling” atau memanggil, ini artinya orang yang ditelepon sedang tidak terhubung dengan internet, baik melalui data maupun WiFi. Kemungkinan jaringan internet orang yang dihubungi tidak dalam kondisi yang baik.

Dalam hal ini, pengguna yang ditelepon tidak akan menerima pemberitahuan panggilan masuk di WhatsApp miliknya. Namun, ketika nanti sudah terhubung dengan internet, pengguna akan menerima notifikasi panggilan tidak terjawab.

Pengguna Quora lainnya bernama Sri Ayyagari mengatakan hal yang sama. Menurutnya, ada pula kemungkinan ponsel yang tengah dihubungi sedang dalam kondisi dimatikan.

Sebaliknya, “Ringing” alias berdering akan muncul di layar ketika orang yang dituju terhubung dengan internet. Dalam kondisi ini, pengguna yang ditelepon akan menerima notifikasi panggilan masuk.

Saat panggilan terhubung atau berdering, ada tiga hal dapat terjadi. Pertama, pengguna yang ditelepon akan menjawab panggilan suara. Kemudian, status WhatsApp Voice Call akan berubah menjadi mode angka untuk menunjukkan durasi telepon berlangsung.

Kedua, panggilan tak terjawab. Ini terjadi ketika pengguna menunggu beberapa saat, tetapi telepon tak kunjung dijawab, padahal sudah tersambung.

Baca Juga :  3 Cara Memulihkan Chat WA Terhapus, Terbukti Work!

Thakkar menambahkan hal ini bisa terjadi jika ponsel pengguna yang dituju dalam mode senyap atau pemiliknya sedang tidak berada di dekat ponselnya.

Dalam hal ini, pengguna yang ditelepon akan mendapat notifikasi “Missed Call” atau panggilan tidak terjawab di ruang obrolannya.

Ketiga, panggilan ditolak. Ketika panggilan ditolak, itu berarti pengguna yang dihubungi sengaja menolak panggilan suara tersebut dengan mengeklik tombol “Decline”.

Source: kompas

Kata Kunci:apa artinya Ringing