fbpx
Berbagai Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung

Berbagai Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung

Sakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Sehingga mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui apa-apa saja makanan sehat untuk jantung, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sayuran Hijau

Nah sayuran hijau, salah satunya bayam adalah sumber makanan yang di dalamnya banyak mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin, salah satunya vitamin K.

Tentu saja vitamin K sangat bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah dan menjaga arteri. Ketika kamu secara rutin mengonsumsi sayuran hijau, maka hal ini bisa efektif dalam menurunkan risiko dari penyakit jantung hingga 16%.

Oatmeal 

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya adalah oatmeal. Di dalam oatmeal terdapat kandungan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol. Tentu saja oatmeal akan bertindak sebagai spons pada saluran pencernaan yang bisa menyerap kolesterol, dikeluarkan dari tubuh serta tidak akan diserap ke aliran darah.

Hal ini dikarenakan kolesterol jahat yang ada di dalam aliran darah yang kemudian menumpuk menjadi plak bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Untuk itu, oatmeal dapat dijadikan sebagai pilihan sarapan yang sangat tepat untuk mereka dengan penyakit jantung. Namun sebaiknya hindarilah untuk mengonsumsi oatmeal instan yang biasanya terdapat kandungan pemanis buatan di dalamnya.

Baca Juga :  4 Cara Mencegah Serangan Jantung, Mulai Sekarang!

Buah Beri

Baik bluberi, stroberi maupun buah beri lainnya mempunyai kandungan antosianin di dalamnya yang berperan untuk mencegah peradangan. Nah, kelompok buah-buahan ini bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Untuk itu, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin karena buah-buahan tersebut sangat baik untuk jantung. Tidak hanya itu saja, di dalam buah beri terdapat banyak serat, sehingga anda dapat mengkombinasikan oatmeal dan buah beri agar dapat menambah rasa.

Kokoa 

Dark chocolate atau kokoa merupakan makanan sehat untuk jantung selanjutnya yang bisa kamu konsumsi. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsinya secara rutin, maka hal ini bisa menghindari stroke tahap awal dan serangan jantung ringan untuk orang yang rawan mengalami penyakit tersebut.

Nah, cokelat yang memiliki kandungan 60 hingga 70% kokoa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun akan berbeda ketika mengonsumsi cokelat susu yang cukup tinggi kandungan kalori dan gula. Di dalam kokoa terdapat senyawa flavonoid yang bernama polifenol. Yang jelas senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah, hingga peradangan.

Baca Juga :  Minum Susu Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Buah Jeruk

Di dalam buah jeruk terdapat kandungan pektin yang bermanfaat dalam mencegah stroke istemik (disebabkan oleh penyumbatan). Selain itu, kandungan lainnya yang ada di dalam buah jeruk yaitu flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi peradangan di bagian arteri. Bahkan buah ini pun mengandung hesperidin yang bisa meningkatkan aliran darah pada bagian jantung.

Kentang

Kalium merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam kentang yang sangat baik untuk jantung. Hal ini dikarenakan kalium berperan untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya akan lebih mudah untuk terkena serangan jantung.

Dengan begitu ketika mengonsumsi kentang, maka kamu telah mengambil tindakan preventif dari penyakit jantung. Tidak hanya kalium, namun kentang juga kaya dengan serat yang bisa mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung.

Tentunya kamu dapat mengganti karbohidrat dengan mengonsumsi kentang. Namun sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan sehat untuk jantung ini dengan cara digoreng, ya. Hal ini dikarenakan sumber kolesterol jahat salah satunya berasal dari minyak goreng.

Baca Juga :  Penting! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung