fbpx
Kapan BLT 2,4 Juta Disalurkan di 2021? Ini Kata Ida

Kapan BLT 2,4 Juta Disalurkan di 2021? Ini Kata Ida

Belum jelas apakah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan sebesar 2,4 juta rupiah pada tahun 2021 akan terus berlanjut atau tidak.

Seperti diketahui, program BLT BPJS Ketenagakerjaan telah disalurkan dua termin.

Pada termin pertama, 12.293.134 pekerja telah mendapatkan bantuan ini.

Sedangkan pada termin kedua, 12.244.169 pekerja mendapatkan bantuan ini.

Jadi, kapan BLT BPJS Ketenagakerjaan disalurkan di tahun 2021?

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah belum bisa memastikan penyalurannya kembali.

“Untuk tahun anggaran APBN 2021, kami memang belum menerima perintah untuk menyalurkan kembali program BSU. Kami sudah punya hasil evaluasi yang akan kami berikan dan dikoordinasikan dengan Kemenko Perekonomian,” katanya.

“Jika kondisi perekonomian kita belum normal kembali, saya kira diskusi tentang Program BSU ini kita bisa pertimbangkan untuk bisa dilakukan kembali pada tahun 2021,“ kata Ida.

Namun, penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan yang datanya sudah valid dan tidak ada masalah, kata Ida, penyaluran akan diupayakan untuk dilanjutkan kembali.

“Jadi mudah-mudahan pada bulan Januari ini rekonsiliasi data dengan bank penyalur sudah selesai dilakukan, maka akan kita mintakan kembali ke perbendaharaan negara untuk menyalurkan kembali,” lanjut Ida.

Perlu diketahui, penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan 2020 tidak memenuhi target. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala antara lain rekening tidak valid dan ketidaksamaan antara daftar penerima dengan nama rekening, rekening tutup, tidak terdaftar di kliring, rekening pasif, tidak sesuai dengan NIK serta telah dibekukan.

“Kami bisa menjelaskan penyebab rekening belum tersalurkan yang pertama ada duplikasi, ada rekening ganda,” jelas Menaker Ida.

Source: pikiran-rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published.