fbpx
Ini Penyebab & Solusi Ujung Daun Tanaman Kering

Ini Penyebab & Solusi Ujung Daun Tanaman Kering

Bagi yang memiliki tanaman hias di rumah harap memperhatikan setiap daunnya. Apakah ada ujung daun tanaman berwarna coklat dan kering?

Jika ya, ada sejumlah penyebabnya, dari kelembaban yang tidak mencukupi hingga masalah nutrisi. Melalui penyiraman dan perawatan yang tepat, masalah ujung daun coklat dan kering dapat diatasi.

Berikut beberapa penyebab dan solusi ujung daun tanaman yang kering dan berwarna cokelat.

1. Kurang kelembaban

Jika tanaman Anda memiliki ujung daun kering yang berubah menjadi gelap atau cokelat, itu artinya Anda perlu lebih sering menyiramnya. Periksa kelembaban tanah dan perlahan kurangi jumlah hari di antara penyiraman.

Amati apakah tanaman Anda menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

Selain itu, kurangnya kelembaban juga bisa menjadi penyebabnya. Tanaman tropis memiliki kelembapan yang lebih tinggi daripada yang kita miliki di rumah.

Kelompokkan tanaman bersama-sama sehingga ketika satu daun tanaman kehilangan kelembapan, tanaman di sekitarnya dapat membantu memberikan kelembapan ekstra. Atau letakkan tanaman di atas piring atau nampan berisi kerikil dan air.

Baca Juga :  5 Tanaman Pisang-pisangan Ini Bisa Percantik Rumah

Letakkan panci di atas kerikil di atas air. Saat air menguap, maka akan meningkatkan kelembaban di sekitar tanaman, di tempat yang dibutuhkan.

2. Kekurangan nutrisi

Rona terbakar pada ujung daun, atau daun tua berwarna hijau tua maupun kemerahan keunguan dapat menunjukkan kekurangan fosfor.

Dengan kekurangan kalium, Anda mungkin melihat kuning atau coklat di sepanjang ujung dan tepi daun yang lebih tua, menguning di antara urat, daun melengkung atau bercak.

Source: kompas