fbpx
Apa itu Binary Option Ini Cara Kerja dan Legalitasnya

Apa itu Binary Option? Ini Cara Kerja dan Legalitasnya

Pengertian Binary Option, Cara Kerja, dan Legalitasnya di Indonesia

Pengertian Binary Option

Binary Option adalah salah satu jenis instrumen keuangan yang memungkinkan trader untuk memperoleh keuntungan dengan memprediksi apakah nilai suatu aset akan naik atau turun dalam jangka waktu tertentu.

Dalam binary option, trader hanya perlu memilih antara dua kemungkinan hasil, yaitu naik atau turun. Oleh karena itu, disebut juga dengan nama “binary”, yang berarti terdiri dari dua bagian atau dua kemungkinan.

Di Indonesia, binary option mulai populer sejak beberapa tahun terakhir, terutama karena kemudahan dan kesederhanaan cara kerjanya.

Dalam binary option, trader tidak perlu membeli atau menjual aset yang mendasari, melainkan hanya perlu memprediksi pergerakan harganya.

Binary option juga memiliki potensi keuntungan yang cukup tinggi, namun risikonya juga cukup besar.

Cara Kerja Binary Option

Cara kerja binary option cukup sederhana. Pertama-tama, trader harus memilih aset yang ingin diperdagangkan, seperti saham, mata uang, atau komoditas.

Baca Juga :  Cek Ini Daftar Investasi Bodong OJK 2021, Awas Ketipu!

Kemudian, trader harus memilih jangka waktu atau waktu kadaluarsa, yaitu waktu ketika opsi binary tersebut akan berakhir.

Setelah itu, trader harus memilih jenis opsi binary yang ingin diperdagangkan, yaitu “call” atau “put”. Jika trader memilih “call”, artinya trader memprediksi bahwa harga aset akan naik dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan jika trader memilih “put”, artinya trader memprediksi bahwa harga aset akan turun dalam jangka waktu tertentu.

Jika prediksi trader benar, maka trader akan memperoleh keuntungan sebesar persentase yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun, jika prediksi trader salah, maka trader akan kehilangan sejumlah uang yang telah diinvestasikan dalam opsi binary tersebut.

Legalitas Binary Option di Indonesia

Sejak tahun 2018, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator di Indonesia, melarang penggunaan instrumen keuangan yang tidak memiliki izin resmi di Indonesia, termasuk binary option. Oleh karena itu, binary option di Indonesia tidak memiliki legalitas yang jelas.

Namun, meskipun demikian, masih banyak broker binary option yang menawarkan layanan mereka di Indonesia.

Baca Juga :  Cek Ini Daftar Investasi Bodong OJK 2021, Awas Ketipu!

Sebelum memilih broker binary option, trader harus sangat berhati-hati dan melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan bahwa broker tersebut adalah broker yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Keuntungan dan Risiko Binary Option

Keuntungan dari binary option adalah potensi keuntungan yang tinggi, bahkan mencapai 80-90% dari jumlah yang diinvestasikan.

Namun, potensi keuntungan yang tinggi juga diimbangi dengan risiko yang cukup besar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika prediksi trader salah, maka trader akan kehilangan sejumlah uang yang telah diinvestasikan dalam opsi binary tersebut.

Selain itu, binary option juga memiliki beberapa risiko lainnya, seperti:

Volatilitas pasar yang tinggi.

Harga aset yang mendasari binary option dapat berubah-ubah dengan cepat dan tajam, sehingga memperbesar risiko kerugian.

Ketergantungan pada platform trading.

Trader harus memastikan bahwa platform trading yang digunakan aman dan terpercaya, karena jika terjadi masalah teknis atau keamanan, trader dapat kehilangan uang atau kesempatan trading yang berharga.

Kurangnya regulasi.

Karena binary option tidak memiliki legalitas yang jelas di Indonesia, maka tidak ada regulasi yang menjamin keamanan dan perlindungan trader.

Strategi Binary Option

Dalam binary option, trader dapat menggunakan berbagai macam strategi untuk memperbesar peluang keuntungan. Berikut beberapa strategi binary option yang populer:

Baca Juga :  Cek Ini Daftar Investasi Bodong OJK 2021, Awas Ketipu!

Strategi Martingale.

Strategi ini mengharuskan trader untuk meningkatkan jumlah investasi setelah mengalami kerugian, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang cukup besar ketika berhasil memprediksi pergerakan harga.

Strategi Pinocchio.

Strategi ini didasarkan pada pola candlestick Pinocchio yang menunjukkan potensi pembalikan arah harga. Trader harus memperhatikan pola ini untuk memprediksi pergerakan harga selanjutnya.

Strategi Bollinger Bands.

Strategi ini menggunakan indikator teknikal Bollinger Bands untuk memprediksi pergerakan harga. Trader harus memperhatikan batas atas dan bawah dari Bollinger Bands untuk menentukan level support dan resistance.

Kesimpulan

Binary option adalah salah satu jenis instrumen keuangan yang cukup populer di Indonesia. Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis ini, trader harus memahami dengan baik pengertian binary option, cara kerjanya, dan risiko yang terkait.

Selain itu, trader juga harus berhati-hati dalam memilih broker binary option yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik, karena binary option tidak memiliki legalitas yang jelas di Indonesia.

Dalam trading binary option, trader dapat menggunakan berbagai macam strategi untuk memperbesar peluang keuntungan, namun risiko juga tetap ada. Oleh karena itu, trader harus selalu berhati-hati dan bijaksana dalam melakukan trading binary option.

Akhir kata, trading binary option bukanlah cara cepat dan mudah untuk memperoleh keuntungan. Dibutuhkan pemahaman yang mendalam, pengalaman, dan kedisiplinan dalam mengambil keputusan trading yang tepat.