fbpx
4 Cara Menghadapi Gempa, Jangan Lari dan Panik!

4 Cara Menghadapi Gempa, Jangan Lari dan Panik!

Banyak orang yang merasa panik saat terjadi gempa. Padahal, telah banyak imbauan yang mengingatkan kita semua agar tidak panik saat menghadapi gempa.

Ketahuilah, panik dan stres dapat memperburuk keadaan selama terjadi gempa bumi. Jadi, hal itu harus dihindari.

Dalam situasi gempa, sangat penting untuk tetap tenang. Sebab, dengan tetap tenang, seseorang dapat berpikir rasional dan menghindari melakukan hal-hal yang dapat membahayakan orang lain.

Memang gempa membuat kita deg-degan, tapi jangan panik dan tetap waspada. Dengan waspada, kita bisa bertindak sesuai prosedur yang harus kita ikuti saat terjadi gempa, seperti segera meninggalkan gedung atau melindungi diri.

Nah, berlari lantaran panik adalah salah satu penyebab paling umum cedera saat gempa. Jadi, jangan pernah lari menuruni tangga atau lari ke luar saat bangunan berguncang. Seseorang bisa terjatuh dan terluka karena hal itu.

Di bawah ini, KulikMedia hendak membagikan tips menghadapi gempa dari Kementerian Kesehatan RI. Simak dengan saksama ya!

Cara menghadapi gempa

Selain tetap tenang, ada beberapa tips yang harus dilakukan saat terjadi gempa. Dalam hal ini, Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah memiliki pedoman tentang apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa, berdasarkan situasi tertentu.

Berikut ini adalah prosedur penyelamatan dari gempa berdasarkan situasi-situasi tertentu:

1. Jika berada di gedung

Saat terjadi gempa, hal terpenting yang harus dilakukan saat berada di dalam ruangan adalah melindungi tubuh dan kepala dari bahaya reruntuhan. Anda dapat melakukan ini dengan bersembunyi di bawah meja atau di suatu tempat yang dapat melindungi anda. Namun jika memungkinkan, segera tinggalkan gedung.

2. Jika berada di luar ruangan

Jika anda berada di luar ruangan, segera menuju ke tanah lapang. Hindari mendekati bangunan, pohon, saluran listrik atau tiang listrik.

Baca Juga :  5 Cara Ampuh Usir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

3. Jika sedang mengemudi

Jika anda sedang mengemudi atau berkendara, segera menepi, berhentilah dengan hati-hati dan tinggalkan kendaraan. Selanjutnya, ikuti poin kedua.

4. Jika berada di area pantai

Jika anda berada atau tinggal di daerah pantai, segera menjauh dari tempat itu terlebih jika ada kemungkinan terjadinya tsunami.