fbpx
Layar Sentuh HP Tak Berfungsi Cobain 5 Solusi Ini

Layar Sentuh HP Tak Berfungsi? Cobain 5 Solusi Ini

Layar HP sering luput dari perhatian. Padahal layar HP sama pentingnya dengan fitur-fitur HP lainnya. Saat rusak, eror atau bahkan tidak berfungsi, anda tidak akan dapat menggunakannya sama sekali.

Jika layar sentuh HP tidak menjalankan perintah, ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah tersebut sebelum mengirimkannya ke tempat servis.

Jika layar HP tiba-tiba eror, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini. Simak dengan saksama ya!

1. Restart HP

Cara ini terbilang cukup sederhana, namun hasilnya cukup efektif. Dengan memulai ulang HP, anda dapat mematikan semua fungsi HP dan me-refresh layanan background, yang mana bisa saja menjadi biang kerok permasalahan layar sentuh.

Caranya tekan dan tahan tombol power, lalu, pilih opsi restart. Selain itu, anda bisa mematikan HP dan diamkan 5-10 menit. Kemudian nyalakan kembali.

2. Keringkan HP

HP yang terjatuh atau terendam air dapat menyebabkan kerusakan internal, termasuk eror pada layar sentuh secara tiba-tiba. Coba keringkan HP secara menyeluruh untuk menangani masalah ini.

Baca Juga :  Cara Agar Memori iPhone Makin Lega, Lakukan Ini!

Caranya adalah matikan HP, keringkan dengan handuk dan letakkan di bahan pengering seperti silikon. Diamkan HP setidaknya selama 48 jam.

3. Bersihkan layar

Kondisi layar sentuh yang kotor dan berdebu dapat mengganggu respons sentuhan pada layar sentuh. Saat anda mengoperasikan gadget, dan layar sentuh tiba-tiba menjadi tidak responsif, mungkin hal itu dikarenakan debu pada sekat layar sentuh.

Semakin banyak debu dan kotoran pada layar sentuh, maka akan semakin mengganggu layar sentuh dan kinerjanya. Jika masalah yang anda alami disebabkan oleh debu dan kotoran, anda dapat membersihkannya dengan kain kering.

Cara ini sangat efektif untuk membersihkan layar agar lebih bersih. Sehingga, layar sentuh HP berfungsi dengan baik.

4. Kalibrasi layar sentuh

Cara kalibrasi layar sentuh HP umumnya berbeda-beda, tetapi pilihannya tetap di pengaturan utama. Jika HP memang eror karena sistem, dengan cara ini anda pasti dapat mengatasinya.

5. Periksa pengisi daya baterai

Jika layar sentuh HP tidak berfungsi saat dalam mode pengisian daya, masalahnya mungkin karena pengisi daya yang tidak kompatibel.

Baca Juga :  Cara Daftar Driver Gojek Terbaru, Cukup Pakai HP

Pastikan anda menggunakan pengisi daya asli dan bukan pengisi daya milik orang lain. Meskipun voltase pengisi daya sama, peringkat ampere-nya mungkin berbeda, yang pada akhirnya akan mengganggu layar sentuh HP.