fbpx
5 Cara Memilih Durian yang Matang & Manis, Praktikkan!

5 Cara Memilih Durian yang Matang & Manis, Praktikkan!

Durian merupakan buah asli Asia Tenggara yang disukai banyak orang. Bagi penyuka durian, baunya yang khas dan rasa manisnya membuat buah ini tidak luput dari buruannya.

Perlu diketahui bahwa durian mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian, durian mengandung bahan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Durian juga dapat mencegah kanker, memperbaiki sistem pencernaan, memperkuat tulang, mengatasi anemia dan mencegah penuaan dini. Lantas, bagaimana cara memilih durian yang matang dan manis?

1. Pilih yang aromanya kuat

Memang, tidak semua tempat menawarkan kebebasan dan jaminan untuk membuka durian sebelum membelinya. Jadi,cara klasik yang bisa anda lakukan untuk memilih durian yang enak dan manis adalah dengan mencium aromanya.

Durian matang memunculkan aroma yang kuat dan harum. Jadi mudah dikenali. Namun berhati-hatilah karena tidak sedikit oknum penjual durian yang melakukan rekayasa terkait hal tersebut.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

2. Pilih yang bentuknya cenderung bulat

Sebenarnya durian itu banyak jenisnya, yang mana memiliki ciri khas masing-masing. Namun umumnya durian yang baik berbentuk bulat. Durian bulat biasanya memiliki daging kuning, serta lebih matang dan lebih mantap saat disantap.

3. Cek bunyi durian saat dipukul

Cara lain untuk memastikan durian sudah matang yakni dengan memukul kulitnya dengan pisau atau benda lainnya. Jika terdengar gema yang mengarah ke dalam, berarti daging durian sudah matang. Bunyi tersebut menandakan bahwa daging buahnya empuk dan melunak. Sebaliknya, jika durian masih mentah, akan terdengar suara memantul keluar.

4. Lihat bentuk durinya

Beberapa orang percaya bahwa durian memiliki duri yang lebar dan jarang memiliki daging buah yang lebih kering. Lain halnya dengan durian berduri panjang dan rapat. Durian semacam ini dagingnya lebih empuk dan tidak terlalu kering.

5. Lihat batang buahnya

Ketebalan daging buah durian juga bisa dilihat dari batang buahnya. Durian dengan batang besar menunjukkan memiliki daging yang tebal. Pasalnya, batang tersebut berperan mengantarkan nutrisi ke buah. Sehingga, akan sangat baik jika ukurannya lebih besar.

Baca Juga :  Ini Buah-buahan yang Bagus Disantap Saat Malam Hari

Itulah cara memilih durian yang matang dan manis. Praktikkan!