fbpx
6 Saran Investasi di Tahun 2023 Agar Cuan Banyak

6 Saran Investasi di Tahun 2023 Agar Cuan Banyak

Sudah saatnya anda merencanakan investasi untuk masa depan. Nah, di tahun 2023 ini, investasi apa yang cocok untuk dipilih? Apakah itu emas, ETF, cryptocurrency, reksa dana, saham atau P2P?

Memalui artikel ini, KulikMedia akan membagikan saran investasi di 2023 yang berpeluang cuan banyak. Simak dengan saksama ya!

1. Pilih platform yang tepat

Berinvestasi itu seperti menanam pohon. Banyak browsing dan temukan platform investasi yang tepat untuk pemula. Jangan sampai salah mengikuti cara berinvestasi karena akan sangat merugikan.

2. Kembangkan pola pikir yang tepat

Selalu optimis, pantang menyerah dan tidak takut mengambil risiko. Kembangkan pola pikir tersebut sebelum anda mulai berinvestasi. Selain kerja keras, pengalaman, keahlian dan jaringan, pola pikir juga menjadi salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan.

Baca Juga :  Download Aplikasi Tanamduit, Banyak Pilihan Produk

Sebab, pola pikir pada dasarnya memengaruhi kebiasaan dan perilaku sehari-hari. Kesuksesan dipengaruhi oleh pola pikir sebesar 80 persen dan keahlian 20 persen.

3. Jangan abaikan inflasi

Cara investasi ini harus dihindari. Jika inflasi diabaikan ketika memilih sarana investasi jangka panjang, bisa jadi investasi menurun daya belinya.

4. Bagi modal

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan bagi investasi pemula adalah membagi modal yang dimiliki ke dalam beberapa aset atau yang biasa disebut dengan diversifikasi. Contoh umum adalah diversifikasi pada instrumen emas, saham, properti dan surat utang.

5. Pilih investasi yang tepat

Cara investasi berikut ini harus disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan finansial anda. Berbagai jenis investasi dapat ditemukan di pasar saham. Saham, obligasi, deposito dan lainnya. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan tentunya risiko yang berbeda.

Urutan jenis investasi dengan risiko dan imbalan tertinggi adalah saham, reksa dana, obligasi dan terakhir deposito. Untuk berinvestasi saham, anda harus memiliki kemauan yang kuat, memahami betul seluk beluk terkait saham dan tentunya memahami risikonya.

Baca Juga :  Tips Menabung Deposito untuk Kembangkan Uang Anda

Adapun salah satu cara yang tepat untuk mempelajari cara berinvestasi yang benar adalah dengan menghadiri seminar investasi atau berkonsultasi dengan pakar yang berpengalaman.

6. Mulailah dengan investasi kecil

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, memulai dengan modal kecil adalah cara investasi yang patut dipraktikkan pemula. Pilih investasi yang dijamin berkinerja baik selama 5-10 tahun terakhir. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan ahlinya.

Selain itu, baca lebih banyak buku tentang trik investasi saham bagi pemula, menghadiri seminar dan mengikuti informasi terkait perkembangan saham melalui berita terpercaya.