fbpx
Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret, Tanpa ke Samsat

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret, Tanpa ke Samsat

Setiap tahun, pemilik kendaraan bermotor diwajibkan membayar pajak tahunan. Namun jangan khawatir, karena kini ada cara bayar pajak motor di Indomaret yang bisa menjadi pilihan praktis.

Dengan membayar pajak kendaraan bermotor di Indomaret, pemilik kendaraan kini tidak perlu lagi mengantre di loket Samsat. Datang saja ke Indomaret terdekat yang terdapat layanan e-Samsat (Payment Point Online Bank/PPOB).

Sebelum pergi membayar ke Indomaret, ada baiknya cek dulu berapa jumlah yang harus dibayarkan. Anda bisa mengeceknya secara online di situs e-samsat provinsi sesuai daerah asal kendaraan anda. Link e-samsat provinsi se-Indonesia bisa anda cek di bawah.

LINK E-SAMSAT

Cara bayar pajak motor di Indomaret juga terbilang mudah dan cepat. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan seperti KTP, STNK dan nomor telepon serta uang tunai untuk membayar pajak kendaraan di Indomaret.

Setelah membayar pajak kendaraan bermotor di Indomaret, pemilik akan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran secara elektronik atau e-TBPKP. Dengan begitu, wajib pajak tidak perlu ke Samsat Induk untuk mencetak TBPKP.

Cara bayar pajak motor di Indomaret

  1. Kunjungi Indomaret terdekat dan pastikan layanannya sedang dalam kondisi online. Silakan bawa KTP dan STNK asli untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan.
  2. Beritahu kasir bahwa anda akan membayar pajak motor. Kasir akan menanyakan informasi berupa nomor polisi, nomor mesin kendaraan dan nomor telepon atau orang yang namanya tertulis di STNK.
  3. Selanjutnya akan muncul tagihan, anda tinggal bayar langsung di kasir.
  4. Setelah pembayaran selesai, anda akan menerima tanda terima pembayaran sebagai bukti bahwa anda telah memenuhi kewajiban anda, serta SMS dari Polri. SMS ini berisi data Electronic Registration & Identification.
  5. Klik tautan yang dibagikan melalui SMS. Anda akan melihat e-TBPKP. Simpan atau cetak e-TBPKP sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor anda.
  6. Untuk memastikan pembayaran pajak selesai, anda dapat pergi ke kantor Samsat untuk menanyakan terkait pembayaran tersebut. Namun, idealnya, setelah menyelesaikan proses pembayaran di atas, anda tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk memgurus pajak motor lagi.
Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Provinsi Lampung

e-TBPKP dengan barcode (QR code) adalah bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK yang sah.

Oleh karena itu, petugas yang melakukan razia nantinya bisa menggunakan barcode scan (QRcode) untuk verifikasi pengesahan.

Dengan barcode ini, pengguna tidak perlu lagi kembali ke Samsat untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).