fbpx
Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan, Lakukan 8 Cara Ini

Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan, Lakukan 8 Cara Ini

Ikan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Namun, saat mengonsumsi ikan, anda perlu lebih berhati-hati ketimbang jenis daging lain, seperti ayam atau sapi.

Pasalnya, ikan memiliki tulang atau duri tajam yang bisa luput dari perhatian saat mengonsumsinya. Sehingga, duri ikan bisa saja tersangkut di tenggorokan.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit akibat luka yang disebabkan oleh tulang ikan. Rasa ingin menelan menjadi sulit karena ada yang terasa tersangkut. Tentu saja ini bisa mengganggu.

Tapi jangan panik, ada beberapa cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Berikut di antaranya:

1. Makan marshmallow

Mungkin terdengar aneh, tetapi marshmallow yang lengket kemungkinan kemungkinan bisa mengeluarkan dari ikan dari tenggorokan. Kunyah marshmallow secukupnya hingga lunak, lalu telan dalam satu teguk besar. Zat lengket dari marshmallow dapat mendorong duri ikan ke dalam perut.

Baca Juga :  8 Khasiat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

2. Minum minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelumas alami. Jika anda tidak sengaja menelan duri ikan dan tersangkut di tenggorokan, cobalah segera minum satu atau dua sendok makan minyak zaitun. Minyak zaitun akan melapisi tenggorokan sehingg duri ikan mudah dikeluarkan.

3. Cobalah batuk paksa

Sebagian besar duri ikan tersangkut di bagian belakang tenggorokan di sekitar amandel. Melakukan batuk yang kuat mungkin cukup untuk membuatnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

4. Makan pisang

Pisang bisa bekerja seperti marshmallow. Makan pisang akan mendorong duri ikan ke dalam perut. Ambil satu gigitan besar pisang. Tahan di mulut anda setidaknya selama satu menit. Kemudian telan dalam satu tegukan besar.

5. Roti dan air

Roti yang dicelupkan ke dalam air termasuk cara klasik untuk mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Rendam sepotong roti dalam air selama sekitar satu menit. Lalu ambil satu gigitan besar dan telan utuh. Cara ini dapat mendorong duri ikan ke bawah.

Baca Juga :  4 Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Cepat dan Praktis

6. Minum soda

Beberapa ahli kesehatan telah lama menggunakan minuman bersoda untuk mengatasi makanan yang tersangkut di tenggorokan. Ketika soda masuk ke perut, ia melepaskan gas. Nah, gas inilah yang membantu memecah duri dan meningkatkan tekanan, sehingga membebaskan makanan yang tersangkut.

7. Cuka

Minum cuka dapat membantu memecah tulang ikan. Cara ini dapat membuat duri ikan lebih lembut dan lebih mudah ditelan. Coba encerkan dua sendok makan cuka ke dalam segelas air, atau minum langsung satu sendok makan. Cuka sari apel adalah pilihan yang baik yang rasanya tidak terlalu asam, apalagi ditambah dengan madu.

8. Roti dan selai kacang

Makan roti dengan selai kacang dapat mendorong tulang ikan ke dalam perut lho. Ambil satu gigitan besar roti dan selai kacang, biarkan terkumpul di mulut, dan teguk besar-besar. Pastikan untuk minum banyak air setelahnya ya.