fbpx
Rahasia Cara Kirim Foto Beresolusi Tinggi di WhatsApp

Rahasia Cara Kirim Foto Beresolusi Tinggi di WhatsApp

Masih bingung bagaimana cara mengirim foto beresolusi tinggi melalui WhatsApp? Tenang, KulikMedia akan membagikan solusi terkait hal itu.

Tidak banyak orang yang menyadari kalau mengirim gambar/foto menggunakan aplikasi media sosial seperti WhatsApp akan mengubah ukuran file menjadi lebih kecil dari aslinya. Hal ini tentunya juga otomatis mengurangi kualitas gambar aslinya. Apalagi jika anda mengirim hingga 30 foto sekaligus dengan sekali klik.

Memang, sistem operasi WhatsApp memiliki batasan berbagi file yang berbeda tergantung pada medianya. Perlu diketahui juga bahwa ukuran file maksimum untuk foto, video dan pesan suara adalah 16 MB. Oleh karena itu, jika ukuran file melebihi 16 MB, WhatsApp akan secara otomatis menerapkan algoritma kompresi yang secara otomatis akan mengurangi ukuran file.

Namun, khusus untuk file foto, algoritma kompresi diterapkan untuk ukuran yang lebih kecil dari 16 MB. Kompresi ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas foto. Namun di sisi lain, fitur berbagi dokumen WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim file dengan ukuran hingga 100 MB, dan file yang dikirim sebagai dokumen tidak akan dikompresi.

Baca Juga :  Cara Mengirim Foto & Video Berkualitas Tinggi di WA

Nah, berikut ini KulikMedia bagikan cara mengirim foto beresolusi tinggi melalui WhatsApp:

  • Buka chat orang yang ingin anda kirimi foto
  • Klik tombol attachment dan pilih “Dokumen
  • Temukan file yang ingin anda kirim
  • Ketuk tombol kirim dan selesai.

Dokumen yang dikirim di WhatsApp maksimum 100 MB, jadi anda tidak dapat menggunakan cara di atas jika lebihdari itu.

Untuk diketahui, semakin besar file yang dikirmkan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah file. Mungkin tidak secepat pengiriman foto biasanya, apalagi dengan koneksi yang buruk. Namun, penerima nantinya dapat mengunduh ukuran foto asli melalui file tersebut sehingga resolusinya tinggi.

Selain metode di atas, WhatsApp juga akan menawarkan opsi untuk mengirim foto dalam resolusi tinggi. Fitur ini saat ini dalam pengujian beta, tetapi mungkin akan dirilis dalam waktu dekat.

Dengan fitur baru ini, pengiriman foto berkualitas tinggi menjadi lebih mudah. Pengguna cukup mengubah pengaturan di menu Storage and Data, pilih Photo Upload Quality dan pilih opsi Best Quality.

Baca Juga :  Sudah Tahu Bikin Tulisan Berwarna di WA? Ini Caranya

Itulah cara mengirim foto beresolusi tinggi di WhatsApp. Selamat mencoba!