fbpx
8+ Cara Mencegah Asam Lambung Naik, Pasti Efektif

8+ Cara Mencegah Asam Lambung Naik, Pasti Efektif

Ada banyak penyebab yang dapat membikin asam lambung naik, salah satunya tidak makan tepat waktu. Berikut cara efektif mencegah asam lambung naik.

Asam lambung dapat menyebabkan sakit tenggorokan, suara serak dan bau mulut. Ketika asam lambung menghasilkan gejala kronis, ia sangat mungkin berkembang menjadi penyakit refluks gastroesofageal atau GERD.

Ada banyak cara untuk mencegah asam lambung naik. Berikut KulikMedia bagikan sejumlah cara mencegah asam lambung naik:

1. Jangan makan berlebihan

Saat makan, kerongkongan terbuka hingga ke perut. Ada otot berbentuk cincin yang berfungsi sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Pada penderita asam lambung, otot ini melemah saat proses makan terjadi. Jadi hindari makan berlebihan atau makan dalam porsi banyak. Asam lambung biasanya meningkat setelah makan, dan makan berlebihan justru dapat memperburuk masalah.

Baca Juga :  7 Kebiasaan Buruk Pemicu Asam Lambung, Hindari Ya!

2. Hindari makanan yang menyebabkan refluks

Hindari makanan tertentu yang dapat memicu refluks, seperti kafein, soda, cokelat, jus jeruk, tomat, bawang, mint dan makanan berlemak.

3. Jangan makan sebelum tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur sering kali menjadi penyebab asam lambung naik. Jadi, berhentilah makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur untuk memberi kesempatan perut anda kosong sebelum berbaring.

4. Jangan merokok

Merokok dapat mengurangi efisiensi otot yang menahan asam lambung. Jadi jika anda tidak ingin asam lambung anda naik lagi, berhentilah merokok.

5. Jangan terlalu banyak bergerak

KulikMedia juga menyarankan tidak terlalu banyak bergerak dulu. Secara khusus, hindari beberapa gerakan seperti menunduk, membungkuk, melompat dan berlari. Gerakan-gerakan itu dapat mendorong asam lambung ke kerongkongan.

6. Turunkan berat badan

Seperti yang KulikMedia jelaskan sebelumnya, di dalam lambung terdapat otot berbentuk cincin yang berperan untuk mencegah naiknya asam lambung.

Nah, ketika anda memiliki terlalu banyak lemak perut, tekanan perut anda bisa menjadi sangat tinggi sehingga otot berbentuk cincin bagian bawah terdorong ke atas. Mengurangi kelebihan lemak di perut dapat membantu meringankan gejala asam lambung naik.

Baca Juga :  Kenali Berbagai Gejala dan Penyebab Umum GERD

7. Diet rendah karbohidrat

Asam lambung naik dapat terjadi karena pencernaan karbohidrat yang buruk dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil. Diet rendah karbohidrat adalah cara yang sederhana, alami dan efektif yang bisa anda terapkan.

8. Tidur dengan kepala tinggi

Jika anda menderita asam lambung, kepala anda harus lebih tinggi 6-8 inci dari kaki anda saat tidur. Sebaiknya gunakan bantal yang tinggi saat tidur.

9. Hindari olahraga berat

Jangan berolahraga dengan penuh semangat selama beberapa jam setelah makan. Ketahuilah, aktivitas fisik yang berat, terutama yang membuat anda membungkuk dapat mengangkut asam kembali ke kerongkongan.