fbpx
6 Cara Rumahan Hilangkan Plak Gigi dengan Mudah

6 Cara Rumahan Hilangkan Plak Gigi dengan Mudah

Karang gigi atau plak pada gigi merupakan masalah gigi yang sering diabaikan. Padahal, karang gigi harus mendapat perhatian khusus agar tidak menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah.

Oleh karena itu, karang gigi tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus dibersihkan secara rutin agar tidak merusak mulut. Jika anda sudah memiliki karang gigi yang menumpuk, coba cara menghilangkan karang gigi berikut ini dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Para ahli menganjurkan agar setiap orang menyikat gigi dua kali sehari, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Agar benar-benar bersih, sikat gigi sebaiknya dilakukan selama dua menit.

Disarankan agar anda menyikat keempat bagian gigi (kanan, kiri, depan, dalam) selama 30 detik. Jika dilakukan dengan benar, total waktu menyikat gigi adalah tepat dua menit.

Baca Juga :  6 Cara Efektif Mencegah Risiko Penyakit Jantung

2. Gunakan baking soda

Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak. Cara menghilangkan karang gigi ini tidak hanya efektif, tetapi juga diklaim aman untuk dicoba.

3. Berkumur dengan minyak kelapa

Jika anda memiliki minyak kelapa murni di rumah, anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan karang gigi. Hal ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat, yang dapat membantu membasmi bakteri bandel di dalam mulut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya perlu berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5-10 menit.

4. Flossing gigi

Plak yang masih tipis juga bisa dihilangkan dengan flossing (alias benang gigi). Lakukan ini setelah setiap menyikat gigi. Flossing dapat membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang terperangkap di antara gigi, yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.

5. Berhenti merokok

Zat kimia dalam rokok dapat memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan, karang gigi pada perokok lebih cenderung menghitam dibandingkan bukan perokok.

Baca Juga :  6 Cara Menahan Lapar Saat Diet, Jangan Asal Makan

Itu sebabnya berhenti merokok adalah cara yang tepat untuk membantu menghilangkan karang gigi. Mulailah dengan perlahan dan jangan ragu untuk meminta bantuan dan dukungan dari anggota keluarga atau kerabat dekat untuk berhenti merokok.

6. Banyak minum air mineral

Agar karang gigi tidak semakin parah, rajinlah minum air mineral, yang dapat membantu meningkatkan produksi air liur. Air liur memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan di dalam mulut dan memecah plak dan sisa makanan di permukaan gigi.

Enzim dalam air liur dapat membantu melawan bakteri bandel yang menyebabkan infeksi pada mulut.