fbpx
Gak Usah Matiin Lampu, Ini 6 Cara Usir Laron di Rumah

Gak Usah Matiin Lampu, Ini 6 Cara Usir Laron di Rumah

Saat musim hujan, salah satu hal yang perlu kita persiapkan selain payung adalah mengetahui cara mengusir laron dari rumah. Sejauh ini cara paling umum untuk mengusir laron adalah dengan mematikan lampu atau sumber cahaya di dalam rumah. Namun dengan cara ini, beberapa aktivitas di rumah akan terganggu.

Ternyata, ada cara efektif lain untuk mengusir laron di rumah tanpa mematikan lampu. Berikut KulikMedia bagikan untuk anda.

1. Pakai wadah berisi air

Cara mengusir laron ini sudah banyak diterapkan di berbagai tempat. Yang anda butuhkan hanya nampan besar atau sedang dan air yang secukupnya.

Ya, anda bisa menuangkan air ke nampan tersebut. Nantinya nampan ini diletakkan di bawah lampu yang penuh dengan laron.

Air di nampan akan memantulkan cahaya, yang dapat menarik perhatian laron. Laron yang tidak kuat terkena air akan terjebak dan akhirnya mati.

Baca Juga :  Pakai 6 Bahan Dapur Ini, Semut di Rumah Pasti Hilang

2. Tutup lubang akses laron

Cara berikutnya yakni menutup jalan keluar dan masuk laron. Laron menyebar dengan membuka lubang di tanah.

Hal ini dapat diketahui dengan banyaknya rayap yang ada di dekatnya. Jadi, anda hanya perlu menutup lubang tempat keluar masuknya laron.

Ingat, anda harus menutupnya sebelum malam tiba. Hal lain yang perlu dilakukan adalah menutup semua ventilasi rumah setelah menutup akses keluar masuk laron.

3. Gunakan semprotan anti serangga

Cara ketiga untuk mengusir laron adalah dengan menggunakan semprotan anti serangga atau insektisida. Ketika laron mulai berkumpul di dekat lampu, semprotkan insektisida ke bagian tengah bohlam lampu dan tunggu beberapa saat hingga laron mulai berjatuhan atau kabur.

4. Pakai cabai merah

Tahukah anda salah satu cara ampuh mengusir laron adalah dengan memanfaatkan pedasnya cabai merah? Aromanya yang menyengat berpadu dengan rasa pedas sangat tidak disukai oleh serangga, termasuk laron.

Selama musim hujan, cobalah memotong cabai merah secara melintang dan menggantungnya di sekitar lampu untuk mengusir laron!

Baca Juga :  6 Cara Efektif Mengusir dan Membasmi Kecoa di Rumah

5. Nyalakan lampu anti serangga

Jika anda memiliki lampu anti serangga, anda bisa menyalakannya. Lampu anti serangga ini mempunyai cahaya ultraviolet.

Laron yang datang ke cahaya lampu dan masuk ke dalam akan terkena tegangan listrik hingga mati di tempat.

6. Menggunakan daun sirsak

Laron juga tidak menyukai bau daun sirsak. Jadi, anda juga bisa menggunakan daun sirsak dan rantingnya untuk mengusir laron di dalam rumah.

Caranya adalah dengan menggantungkan daun di dekat lampu atau sumber cahaya dan diamkan beberapa saat. Lama kelamaan laron akan pergi dengan sendirinya karena bau daun sirsak yang menyengat.