fbpx
Penting Diketahui! 4 Cara Cegah Infeksi Saluran Kemih

Penting Diketahui! 4 Cara Cegah Infeksi Saluran Kemih

Seorang dokter dapat mendiagnosis infeksi saluran kemih (ISK) dengan urinalisis. Tes ini dilakukan pada sampel urin untuk memeriksa kadar dan keberadaan sel darah putih, sel darah merah, nitrit dan bakteri.

Dokter lebih memerhatikan jumlah sel darah putih saat menguji sampel. Jika kadarnya melebihi batas normal, ini bisa mengindikasikan infeksi. Mengingat fungsi sel darah putih dalam melawan berbagai mikroorganisme penyebab infeksi.

Dokter juga akan melakukan kultur urin untuk menguji bakteri atau jamur. Kultur dapat membantu mengidentifikasi penyebab infeksi. Ini juga dapat membantu dokter anda memilih perawatan.

Mencegah ISK itu mudah, cukup perhatikan gaya hidup anda. Berikut beberapa langkah untuk mencegah infeksi saluran kemih.

1. Hindari menahan kencing

Kebiasaan menahan buang air kecil dapat membuat bakteri dalam urin di kandung kemih tertahan lebih lama. Seiring waktu, bakteri ini dapat menumpuk dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

Baca Juga :  Ini 6 Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Oleh karena itu, disarankan agar anda tidak menahan kencing untuk mencegah infeksi saluran kemih, terutama jika anda sedang hamil.

2. Perbanyak minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih delapan gelas sehari merupakan cara mudah untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ISK.

Minum banyak air akan “membilas” saluran kemih dan mengeluarkannya dari urin. Dengan cara ini, kemungkinan bakteri menempel dan berkembang biak di dinding saluran kemih lebih kecil, dan anda akan terhindar dari infeksi saluran kemih.

Minum air putih juga bermanfaat bagi orang yang menderita ISK yang berulang kali. Ya, memenuhi kebutuhan cairan dapat mencegah risiko ISK berulang.

3. Mengonsumsi yogurt

Mengonsumsi semangkuk yogurt setiap hari dapat menghilangkan sebagian besar masalah kesehatan.

ISK disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan bakteri di daerah urogenital. Oleh karena itu, mengonsumsi apa pun yang mengurangi jumlah bakteri di area tersebut adalah pilihan yang baik.

Yogurt merupakan probiotik alami yang juga mengandung antibiotik alami yang dapat membantu anda mencegah infeksi saluran kemih.

Baca Juga :  4 Cara Mencegah Serangan Jantung, Mulai Sekarang!

4. Hindari pembersih organ intim

Sering dikatakan bahwa pembersih organ intim wanita dapat menghilangkan bakteri dari area kelamin. Namun, kebanyakan pembersih organ kelamin justru membersihkan semua bakteri, termasuk bakteri baik yang melindungi area kelamin.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa pembersih organ intim justru dapat menyebabkan iritasi dan meningkatkan risiko infeksi area kelamin, termasuk infeksi saluran kemih.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan pembersih organ intim. Jika memungkinkan, anda juga sebaiknya menghindari penggunaan pembalut atau tampon beraroma yang dapat mengiritasi organ intim.