fbpx
Milenial Ini 3 Tips Beli Rumah untuk Pertama Kalinya

Milenial Ini 3 Tips Beli Rumah untuk Pertama Kalinya

Membeli rumah adalah impian bagi banyak orang, apalagi rumah yang hendak dibeli ialah rumah pertama. Namun, harga rumah di kota-kota besar, khususnya Jakarta, cenderung menyurutkan minat masyarakat untuk membeli rumah karena mahal.

Banyak orang yang geleng-geleng saat pertama kali membeli rumah karena cicilan dan bunga yang mahal. Namun, dengan perencanaan yang matang, masyarakat tidak perlu khawatir saat membeli rumah pertama mereka, terutama bagi generasi milenial.

Ya, generasi milenial yang berusia 24 hingga 39 tahun mungkin berencana untuk membeli rumah atau hunian. Mereka saat ini berada dalam rentang usia produktif dan banyak dari mereka merupakan konsumen properti untuk pertama kalinya.

Penting untuk diketahui para milenial terkait apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah. Salah satunya, milenial perlu mempertimbangkan untuk membeli rumah baru (primer) atau bekas (sekunder). Termasuk juga bagaimana dengan harga rumah, sistem pembayaran dan fasilitas dari penyedia atau pengembang.

Di bawah ini KulikMedia bagikan tiga tips membeli rumah untuk pertama kalinya. Simak dengan saksama ya!

1. Kondisikan penghasilan dan rencana ke depan

Ketika anda memiliki rencana untuk membeli rumah, lakukan prediksi stabilitas karier atau pendapatan anda di masa depan. Anda harus menjaga atau meningkatkan penghasilan anda semaksimal mungkin agar cicilan yang dilunasi dapat dibayar dengan baik.

2. Sesuaikan dengan bujet Anda

Membeli rumah pertama tidak harus mewah, namun lebih baik lagi jika rumah yang ingin dibeli sesuai dengan bujet, apalagi jika ada yang memilih untuk menggunakan sistem cicilan. Jangan memaksakan diri untuk membeli rumah di luar kemampuan, karena akan berdampak pada memberatkan cicilan di kemudian hari.

3. Rencanakan uang muka (DP) yang sesuai

Saat membeli rumah, seseorang bisa mendapatkan cicilan ringan dengan membayar uang muka (DP) yang besar. Usahakan untuk membayar uang muka dalam kisaran 40-50 persen dari total harga, sehingga akan lebih ringan untuk membayar cicilan di kemudian hari. Salah satu cara supaya dapat membayar DP yang besar ialah menabung.

Baca Juga :  Beli Rumah Sekarang Bebas Pajak, Cek Syaratnya!

Itulah tips membeli rumah untuk pertama kalinya dari KulikMedia. Bagi milenial, jangan lagi takut beli rumah untuk pertama kalinya ya, asalkan dengan menerapkan tips di atas!