fbpx
6 Cara yang Paling Disarankan Atasi Perut Kembung

6 Cara yang Paling Disarankan Atasi Perut Kembung

Perut kembung biasanya disebabkan oleh penumpukan gas di sistem pencernaan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut kembung.

Mulai dari perubahan hormonal, konsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, sembelit, alergi makanan hingga masalah pencernaan lainnya.

Sejatinya, perut kembung bisa hilang dengan sendirinya. Namun, cara-cara berikut dapat mempercepat proses penyembuhan. Dengan begitu, anda akan merasa lebih nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. Simak dengan saksama ya!

1. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial dapat digunakan untuk mengobati perut kembung, sakit perut atau masalah pencernaan lainnya. Namun, untuk memaksimalkan efeknya, konsultasikan dengan dokter anda sebelum menggunakan minyak esensial.

2. Kompres perut dengan air hangat

Cara sederhana lainnya adalah mengompres perut dengan air hangat. Suhu hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah di perut, sehingga mengurangi jumlah gas berlebih dan menghilangkan rasa sakit dan kembung.

Baca Juga :  Hipotensi: Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Pembuluh darah di perut melebar karena kompres hangat itu pun membuat oksigen lebih mudah mengalir. Hal inilah yang menyebabkan sakit perut yang dirasakan mereda atau bahkan hilang.

3. Minum teh jahe

Obat perut kembung alami ini menjadi andalan dalam pengobatan tradisional dan modern. Senyawa gingerol dan shogaol yang terkandung di dalamnya diketahui membantu mengurangi peradangan usus.

Untuk mengobati perut kembung, cukup rebus irisan jahe selama 10 menit. Jika anda tidak menyukai rasa jahe, tambahkan madu atau perasan lemon untuk memperbaiki rasanya dan manfaat air rebusan ini.

4. Bersendawa atau kentut

Kentut atau sendawa yang disengaja dianjurkan ketika perut kembung. Kedengarannya konyol, tetapi dua hal ini dapat membantu mengatasi perut kembung.

Dengan kentut atau sendawa, anda bisa membuang gas berlebih di perut yang bisa menimbulkan rasa kembung. Jadi jangan biasakan menahan kentut karena bisa menyebabkan perut tidak nyaman.

5. Minum minuman berprotein baik

Bakteri menguntungkan dapat ditemukan pada beberapa minuman, seperti yogurt dan minuman yang mengandung prebiotik. Menurut sebuah studi, minuman yang kaya akan bakteri menguntungkan seperti bakteri asam laktat dapat mengurangi kembung.

Baca Juga :  Penyebab Tenggorokan Panas dan Cara Mengatasinya

6. Kurangi konsumsi garam

Perut kembung juga bisa terjadi karena kelebihan cairan dalam tubuh. Nah, cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam.

Pasalnya, bumbu dapur ini umumnya mengandung banyak natrium, yang dapat meningkatkan jumlah air dalam tubuh. Jika anda tidak mengurangi konsumsi makanan asin, anda akan mengalami pembengkakan tidak hanya di perut, tetapi juga di bagian tubuh lainnya.