fbpx
Cara Menabung yang Tepat, Hasil Pasti Maksimal

Cara Menabung yang Tepat, Hasil Pasti Maksimal

Menabung harus dilakukan agar pengelolaan keuangan berjalan dengan baik. Tujuan menabung adalah untuk mempersiapkan dana masa depan.

Sayangnya, masih ada orang yang kesulitan menabung. Termasuk orang yang memiliki gaji atau penghasilan yang cukup, bahkan terbilang besar.

Pada akhirnya, menabung hanya menjadi resolusi keuangan yang tidak pernah terwujud setiap tahunnya. Yuk, hindari kesalahan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Mulailah menabung dengan benar di tahun 2022 ini untuk mengamankan masa depan finansial anda. Berikut tips menabung dari KulikMedia yang bisa anda terapkan:

1. Memisahkan rekening tabungan

Memiliki rekening tabungan, pengeluaran harian dan dana darurat yang sama bisa sangat merugikan keuangan anda.

Anda mungkin secara tidak sengaja menghabiskan tabungan anda untuk pengeluaran sehari-hari tanpa mengetahui jumlah pasti tabungan di rekening tersebut.

Memiliki rekening terpisah adalah salah satu solusi terbaik agar uang yang ditabung tidak digunakan untuk keperluan lain.

Baca Juga :  Dampak Pandemi dan Munculnya Wiraswasta Baru

2. Memiliki teman dengan gaya hidup yang sama

Menjalani gaya hidup sederhana tanpa menghabiskan terlalu banyak uang perlu mendapatkan dukungan dari teman atau keluarga.

Jadi, anda sebaiknya memiliki teman dengan gaya hidup yang sama dengan anda saat ini.

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan teman yang hidup boros.

Sebab, kemungkinan besar anda akan terpengaruh dan akhirnya membuang-buang uang yang anda miliki.

3. Tetapkan tujuan menabung

Menabung bisa sangat sulit jika anda tidak memiliki tujuan yang jelas. Ketika anda memiliki tujuan, motivasi anda akan naik dan bahkan tetap terjaga. Jadi sebelum anda mulai menabung, pastikan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu.

Anda dapat mengaitkan tujuan menabung ini dengan tujuan keuangan anda. Misalnya: membeli rumah, membeli mobil atau modal usaha. Tetapkan tujuan yang benar-benar sesuai dengan yang anda inginkan. Jangan menetapkan tujuan yang terlalu mengada-ada. Tujuan seperti ini tidak membantu dan justru membuat kegiatan menabung lebih berat.

Setelah anda memiliki tujuan menabung, patuhi itu. Jika perlu, tuliskan di buku catatan untuk membantu anda mengingatnya. Dengan menanamkan tujuan tersebut ke dalam pikiran bawah sadar, dorongan untuk menabung pasti menjadi lebih kuat.

Baca Juga :  3 Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya, Terapkan!

4. Disiplin menabung

Resolusi keuangan untuk tahun 2022 tidak harus berupa investasi besar. Belajar saja menabung dulu agar terbiasa hidup hemat.

Jika komitmen anda adalah menabung setiap hari, mingguan atau bulanan, patuhi rencana tersebut. Disiplinlah menabung dan jangan sampai anda tidak mematuhi komitmen yang anda buat sendiri,

Sebab, tujuan keuangan bisa ambyar. Semangat di awal namun di tengah sudah mandek menabung, bukankah hal itu merugikan? Jadi, hindari ya!