fbpx
5 Cara Menaikkan Saturasi Oksigen, Tak Perlu Panik!

5 Cara Menaikkan Saturasi Oksigen, Tak Perlu Panik!

Bagi yang memiliki masalah pernapasan, sesak napas merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi. Adapun cara mengatasinya yakni dengan meningkatkan saturasi darah.

Ada beberapa hal yang dapat anda ambil untuk meningkatkan saturasi oksigen yang dapat ditampung oleh sistem pernapasan. Anda tidak perlu khawatir karena cara-cara yang disarankan oleh KulikMedia (di bawah ini) mudah dilakukan.

Namun, itu tidak berarti anda tidak perlu membicarakannya dengan dokter. Ya, cobalah untuk mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu. Dengan melakukan ini, nda dapat mengambil langkah yang tepat tanpa membahayakan kesehatan.

1. Minum air putih

Pertama, anda dapat meningkatkan saturasi oksigen dengan menghindari dehidrasi, yaitu dengan minum banyak air. Di sisi lain, cobalah untuk menghindari minuman tertentu yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti minuman beralkohol, kafein atau yang mengandung garam.

2. Latihan pernapasan

Pakar rehabilitasi paru merekomendasikan latihan pernapasan sederhana seperti pernapasan bibir dan pernapasan perut. Cara ini dapat membantu membuka saluran udara dan meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Jika kadar oksigen terlalu rendah, dokter mungkin memberi anda oksigen tambahan. Terapi ini dapat memberi anda lebih banyak oksigen daripada udara dalam ruangan normal, yang pasti akan membantu meningkatkan kadar oksigen darah.

3. Konsumsi makanan yang meningkatkan sirkulasi darah

Nitrat adalah senyawa yang mengendurkan pembuluh darah dan bisa meningkatkan suplai oksigen tubuh. Anda dapat menemukan kandungan itu dalam bit, bawang putih, sayuran hijau, delima, sayuran silangan, kecambah, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Makanan di atas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem pembuluh darah. Tidak hanya itu, tubuh membutuhkan asam folat dan vitamin B12 untuk membentuk zat besi, yang membawa oksigen dari darah.

4. Meningkatkan aktivitas fisik

Meningkatkan aktivitas fisik atau rajin olahraga adalah cara lain yang efektif untuk melatih sistem pernapasan. Anda bisa melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, seperti jalan kaki 2-3 kali dalam seminggu.

5. Berhenti merokok

Dua minggu setelah berhenti merokok, banyak orang melihat peningkatan yang signifikan dalam sirkulasi dan kadar oksigen secara keseluruhan. Fungsi paru-paru bahkan bisa meningkat 30 persen dalam waktu singkat.

Baca Juga :  Kram Kaki Saat Tidur: Penyebab dan Cara Mengatasinya