fbpx
5 Cara Alami Mengeluarkan Dahak di Tenggorakan

5 Cara Alami Mengeluarkan Dahak di Tenggorakan

Dahak sebenarnya dibutuhkan tubuh sebagai pelumas. Namun, terlalu banyak dahak bisa membuat tenggorokan tidak nyaman, apalagi jika sudah menumpuk. Agar tidak semakin parah, melalui artikel ini KulikMedia bagikan beberapa hal yang perlu anda coba untuk menghilangkan dahak dari tenggorokan.

Jumlah dahak dalam tubuh bisa meningkat karena beberapa faktor penyebab. Salah satu penyebab paling umum adalah infeksi virus atau bakteri. Sebenarnya, banyak obat yang tersedia di apotek atau resep dokter untuk mengatasi dahak yang berlebihan.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami, bukan? Beberapa bahan alami di bawah ini dapat mengencerkan dahak. Dengan mengonsumsi bahan alami ini, dahak menjadi lebih mudah keluar, sehingga kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Berikut beberapa bahan alami yang dimaksud untuk mengeluarkan dahak dengan cepat:

1. Campuran jahe dan lemon

Cara alami menghilangkan dahak di tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi campuran jahe dan lemon. Kedua bahan alami ini mampu mengatasi dahak, batuk dan pilek. Selain itu, minuman ini juga sangat efektif untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga :  6 Cara Rumahan Hilangkan Plak Gigi dengan Mudah

2. Cuka apel

Cuka apel juga termasuk bahan alami yang cocok sebagai pengencer dahak. Cuka apel mengandung bahan antibakteri yang baik untuk tubuh. Anda dapat mencampur satu sendok teh cuka apel dalam secangkir teh herbal untuk diminum.

3. Nanas

Mengonsumsi nanas pun termasuk cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cepat. Buah ini banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah bromelain.

Bromelain bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang kuat untuk mengobati peradangan saluran napas. Tidak berhenti di situ, bromelain juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu anda pulih dengan cepat.

4. Air garam

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan adalah berkumur dengan air garam. Tapi ingat, anda tidak perlu menelannya. Jadi, berkumurlah dan cobalah untuk sedekat mungkin terkena bagian belakang mulut.

Air garam dapat membantu mengencerkan dahak dan membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan. Campurannya sederhana, secangkir air hangat dengan setengah sendok teh garam. Aduk rata dan gunakan untuk berkumur.

Baca Juga :  4 Cara Efektif Cegah Diabetes, Lakukan Sedari Muda!

5. Minum air putih

Minum air putih yang cukup juga bisa membantu mengencerkan dahak. Dahak pun lebih mudah keluar dan tidak akan tersangkut di tenggorokan terlalu lama. Saran KulikMedia, lebih baik minum air hangat karena dapat mempercepat pengenceran dahak yang kental.