fbpx
6 Cara Menahan Lapar Saat Diet, Jangan Asal Makan

6 Cara Menahan Lapar Saat Diet, Jangan Asal Makan

Kebiasaan makan biasanya lebih terkontrol dan tidak berlebihan saat menjalankan diet. Meski dengan menu dan porsi yang dibatasi, anda tetap bisa merasa kenyang tanpa tersiksa oleh rasa lapar.

Cara menahan lapar saat diet bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama saat makan utama, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Selain itu, cara-cara di atas juga dinilai lebih aman dan alami, daripada menggunakan suplemen yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Berikut KulikMedia bagikan beberapa cara menahan rasa lapar saat menjalankan diet.

1. Konsumsi makanan kaya serat

Memilih makanan kaya serat, seperti kacang-kacangan, sayuran, oatmeal dan buah-buahan adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap kenyang. Makanan ini juga bisa mengurangi keinginan anda untuk makan berlebihan.

Sebuah penelitian menemukan orang yang makan oatmeal untuk sarapan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit di siang hari. Tidak hanya itu, mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah konsumsi makanan.

Baca Juga :  7 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

2. Kurangi stres

Stres dapat menyebabkan anda makan berlebihan. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk dapat mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari,

Stres kronis akan meningkatkan kadar hormon kortisol. Hormon ini merupakan hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan. Sebuah penelitian menunjukkan ketika seseorang mengalami stres berat, mereka akan makan berlebihan karena rasa lapar yang meningkat. Akibatnya, mereka akan makan banyak dan menambah berat badan alias diet jadi gagal.

3. Minum air putih

Minum air putih sebelum makan dapat membantu menekan rasa lapar. Penelitian telah menunjukkan minum dua gelas air putih sebelum makan dapat membuat makan lebih sedikit daripada tidak sama sekali.

Para ahli juga percaya 500 mililiter air putih cukup untuk meregangkan perut untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Selain itu, minum air putih dapat meningkatkan rasa kenyang usai makan. Dan, minum air putih juga dapat mendorong penurunan berat badan.

4. Olahraga

Olahraga dapat mengurangi aktivitas area otak yang berkaitan dengan keinginan makan. Sehingga, olahraga bisa mengurangi keinginan untuk makan. Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan kadar hormon rasa lapar serta meningkatkan rasa kenyang.

Baca Juga :  Daftar 5 Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Penelitian juga menunjukkan olahraga aerobik dapat secara efektif mengurangi kadar hormone rasa lapar.

5. Konsumsi protein dan lemak sehat

Makanan kaya protein dan lemak sehat memang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dalam jangka panjang.

Oleh karenanya, makanan bergizi berikut harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari:

  • Daging tanpa lemak
  • Telur
  • Kacang-kacangan atau polong-polongan
  • Makanan yang terbuat dari kedelai
  • Alpukat
  • Minyak zaitun

6. Konsumsi makanan rendah kalori

Ketahuilah, menahan rasa lapar yang berlebihan saat berdiet tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, baiknya anda mengonsumsi makanan rendah kalori guna menyeimbangkan asupan energi tubuh.

Beberapa makanan yang tinggi nutrisi dan energi tetapi rendah kalori di antaranya: sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.