fbpx
Ketahui 3 Cara Mengatasi Sakit Kepala Berkepanjangan

Ketahui 3 Cara Mengatasi Sakit Kepala Berkepanjangan

Anda pasti merasa sakit kepala yang begitu hebat. Tapi bagaimana jika anda merasa sakit kepala dalam waktu yang lama? Apakah ini pertanda penyakit berbahaya? Merasakan sakit kepala bisa sangat mengganggu, apalagi jika berlangsung dalam waktu yang lama.

Sakit kepala berkepanjangan juga disebut sakit kepala kronis. Ciri khas dari kondisi ini adalah sakit kepala berlangsung setidaknya selama 15 menit dalam sebulan dan terjadi terus-menerus selama tiga bulan. Kondisi ini dikelompokkan menurut faktor penyebabnya. Sakit kepala berkepanjangan ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sakit kepala kronis primer, yaitu sakit kepala yang murni merupakan gejala penyakit lain yang mendasari munculnya sakit kepala.
  • Sakit kepala non primer, yaitu sakit kepala kronis yang disebabkan oleh penyakit lain yang mendasari.

Banyak kasus sakit kepala kronis primer tidak diketahui penyebabnya. Namun, pada sakit kepala kronis non primer, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Di antaranya: peradangan, infeksi, penyakit pembuluh darah pada otak, cedera, tumor otak, dan gangguan tekanan di otak.

Cara mengatasi sakit kepala berkepanjangan

Sakit kepala bisa sangat mengganggu, terutama sakit kepala jangka panjang. Tentu saja, penderita ingin segera mengatasi sakit kepala ini agar bisa beraktivitas dengan normal.

Cara terbaik untuk mengatasi sakit kepala kronis adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Melalui konsultasi, dokter akan mengetahui riwayat kesehatan anda dan kemungkinan pemicunya. Beberapa cara yang paling umum diambil di antaranya:

1. Menggunakan obat-obatan

Dokter biasanya menggunakan obat antidepresan, beta-blockers, antiinflamasi nonsteroid, antiepilepsi dan inejksi botoc untuk migrain jangka panjang.

2. Terapi

Selain obat-obatan, ada beberapa terapi yang dapat dilakukan, seperti terapi perilaku, stimulasi saraf, biofeedback, akupunktur serta terapi pijat dan relaksasi lainnya. Meditasi (seperti yoga) juga dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk meredakan sakit kepala jangka panjang.

3. Ubah gaya hidup

Jika akar penyebab sakit kepala berkepanjangan terletak pada gaya hidup anda, maka dokter akan menyarankan anda untuk mengubah gaya hidup dan ke arah yang lebih sehat. Banyak perubahan yang bisa dilakukan, dari kebiasaan sederhana hingga berhenti merokok dan minum minuman beralkohol untuk mengatasi sakit kepala berkepanjangan.

Baca Juga :  Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati