fbpx
4 Cara Alami Menghilangkan Uban, Efektif dan Mudah

4 Cara Alami Menghilangkan Uban, Efektif dan Mudah

Mewarnai rambut bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan uban. Jika anda resah dengan adanya uban, apalagi anda yang tergolong masih muda, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkannya secara alami.

Perlu anda ketahui, faktor genetik berperan penting dalam kemunculan uban. Namun, ketika seseorang mencapai usia 35 tahun, folikel rambut yang menua seringkali menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Beberapa orang berpikir bahwa uban bukanlah masalah, dan itu adalah tanda kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun, beberapa lain mencari cara untuk menghilangkan uban karena ingin terlihat lebih muda. Selain mewarnai rambut, ada beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang bisa anda praktikkan. Berikut di antaranya:

1. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut, mulai dari ketombe, kebotakan, kutu hingga uban. Asam kaprilat dan asam kaprik dalam minyak kelapa dapat digunakan sebagai antioksidan dan desinfektan. Sementara berat molekulnya yang rendah memungkinkannya dengan mudah menembus ke batang rambut.

Baca Juga :  Resep Rahasia Perawatan Rambut Gunakan Semangka

Namun, jangan mengira minyak kelapa bisa membuat uban menjadi hitam, tapi bisa menyehatkan rambut. Untuk mengaplikasikannya, oleskan sedikit minyak kelapa langsung ke rambut atau campurkan dengan sampo lalu diamkan selama 15-30 menit.

2. Keramas dengan teh hitam

Teh hitam dipercaya dapat membantu membuat rambut terlihat lebih gelap, berkilau dan lembut. Jika anda mencari cara alami untuk menghilangkan rambut beruban, pengobatan rumahan ini mungkin bisa dicoba.

Untuk mengaplikasikannya, coba rendam 3-5 kantong teh dalam dua cangkir air mendidih. Kemudian, dinginkan dan tuangkan ke rambut yang bersih dan dalam keadaan masih lembab.

Teh juga bisa dicampur dengan kondisioner dan dioleskan ke batang rambut. Diamkan selama satu jam sebelum dibilas.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok juga bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan uban. Menurut sebuah studi, perokok 2,5 kali lebih mungkin memiliki uban sebelum usia 30 tahun dibandingkan non-perokok.

Selain berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, merokok dapat merusak dan mengecilkan folikel rambut. Inilah sebabnya mengapa berhenti merokok juga termasuk cara alami untuk menghilangkan uban yang patut diaplikasikan.

Baca Juga :  5 Cara Alami Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Salah satu cara menghilangkan uban secara alami adalah dengan memastikan kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral terpenuhi. Dalam hal ini, termasuk vitamin B-12 yang bisa didapat dari telur.

Beberapa vitamin yang perlu dipenuhi antara lain vitamin B, terutama B-12 dan biotin, serta vitamin D, E dan A. Mineral yang perlu dipenuhi antara lain seng, besi, magnesium, selenium dan tembaga.

Sebagian besar vitamin dan mineral dapat diperoleh dari sumber alami. Misalnya, anda bisa mendapatkan vitamin D dengan cara berjemur selama beberapa menit setiap pagi. Contoh lainnya adalah vitamin A yang dapat diperoleh dari sumber makanan seperti wortel, brokoli dan hati sapi. Vitamin B-12 dapat diperoleh dari sumber makanan seperti kerang dan telur. Mineral besi dapat diperoleh dari makanan seperti bayam, daging merah dan hati.