fbpx
6 Cara Mengatasi Ngorok Saat Tidur, Lakukan Hal Ini

6 Cara Mengatasi Ngorok Saat Tidur, Lakukan Hal Ini

Beberapa cara bisa anda praktikkan untuk menghindari ngorok atau ngorok yang dapat mengurangi kualitas tidur. Ngorok adalah suara yang ‘diproduksi’ oleh udara yang melewati saluran pernapasan saat tersumbat sebagian.

Jaringan di bagian atas saluran napas menyentuh dan bergetar, sehingga menyebabkan dengkuran. Bagi kebanyakan orang, ngorok tidak berbahaya.

Namun, bagi sebagian orang, kebiasaan ngorok saat tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan atau menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang mendasarinya. Ngorok saat tidur setiap malam dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang dan pasangan tidurnya.

Di bawah ini, KulikMedia bagikan berbagai cara mengatasi ngorok saat tidur di malam hari. Simak dengan saksama ya!

1. Ubah posisi tidur

Disarankan agar anda miring ke kiri atau ke kanan saat tidur. Ini karena tidur telentang menyebabkan pangkal lidah lebih condong ke bagian belakang tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara di tenggorokan dan menyebabkan dengkuran.

Baca Juga :  Mengenal Sleep Apnea, Gangguan Tidur Amat Bahaya

Oleh karena itu, untuk menghentikan dengkuran, ubah posisi tidur anda menyamping agar udara dapat lewat dengan bebas melalui tenggorokan.

2. Menjaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan yang ideal dapat mencegah penebalan jaringan tenggorokan dan penyempitan saluran tenggorokan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga berat badan ideal dengan cara olahraga teratur dan makan sehat.

3. Tinggikan posisi kepala

Saat tidur, biasakan menempatkan kepala pada posisi yang lebih tinggi. Ini bertujuan untuk meningkatkan pernapasan. KulikMedia merekomendasikan untuk meninggikan kepala tempat tidur dengan meletakkan balok di bawah kasur. Cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan bantal untuk menopang tubuh bagian atas.

4. Hindari alkohol dan obat penenang

Alkohol dan obat penenang dapat mengendurkan otot lidah dan tenggorokan, sehingga memudahkan anda ngorok. Jadi, langkah terbaik yang harus anda lakukan yakni tidak minum alkohol tiga sampai lima jam sebelum tidur.

5. Berhenti merokok

Bahaya kesehatan dari merokok juga meningkatkan risiko ngorok saat tidur. Merokok dapat mengiritasi membrane yang ada pada hidung dan tenggorokan sehingga menghalangi jalan napas. Keadaan ini dapat menimbulkan suara dengkuran. Meskipun mungkin tampak sulit, berhenti merokok adalah salah satu cara tercepat untuk menghilangkan dengkuran saat tidur.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Ini Bikin Kita Sulit Tidur, Tolong Hindari!

6. Cukupi asupan cairan

Kekurangan cairan tubuh menyebabkan lendir di bagian hidung dan atas mulut menjadi lebih kental. Kondisi ini akan menyebabkan anda lebih sering ngorok.

Untuk itu, cobalah penuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih untuk mengatasi dengkuran. Perhatikan juga apa yang harus dimakan sebelum tidur, jangan makan terlalu banyak, jangan makan produk susu dan susu kedelai, agar tidak memperparah dengkuran.