fbpx
Simak Tips Investasi Fintech P2P Lending dari Ahlinya

Simak Tips Investasi Fintech P2P Lending dari Ahlinya

Fintech P2P lending tidak hanya memberikan pinjaman, tetapi juga dapat menjadi sarana investasi bagi investor. Tingkat pengembalian rata-rata platform dapat memberikan lebih dari 10 persen per tahun.

Perencana keuangan Annisa Aprilia mengatakan fintech P2P lending dapat menjadi sarana diversifikasi investasi. Selain itu, investasi yang dilakukan juga berguna bagi penerima pinjaman, yang mana dapat digunakan untuk modal usaha.

Meski bisa memberikan imbal hasil yang tinggi, Annisa mengingatkan tetap perlu hati-hati dalam menempatkan dana. Terutama jika investor memilih platform P2P lending sebagai instrumen investasi.

Pertama, Annisa mengimbau pemberi pinjaman untuk memilih platform yang terdaftar atau berlisensi OJK. Dia mengatakan, mudah untuk mengecek platform mana yang legal dan ilegal di OJK.

Berikutnya, calon pendana juga perlu mempertimbangkan TKB90 atau tingkat keberhasilan pinjaman. Annisa mengatakan bahwa platform TKB90 setidaknya 90 persen aman.

Selain itu, Annisa juga menyebutkan bahwa calon pendana perlu memerhatikan sistem penilaian kredit dari peminjam. Menurutnya, dengan mempertimbangkan tingkat credit scoring juga akan memengaruhi return yang diperoleh, yang akan bergantung pada risk appetite dari pendana.

Baca Juga :  Inilah 5 Broker Forex Terbaik dan Terpercaya di Dunia

Tidak hanya itu, Annisa juga merekomendasikan investor sebaiknya melakukan investasi di fintech P2P lending yang bergerak di sektor produktif.

Mengingat dana yang diberikan akan digunakan untuk modal usaha, yang selanjutnya akan menerima pendapatan, sehingga cukup aman dalam hal pelunasan pinjaman.

Terakhir, Annisa menyarankan calon pendana P2P lending pemula untuk memerhatikan jumlah investasi minimum yang diberikan. Menurutnya, calon pemberi pinjaman ini bisa masuk terlebih dahulu dari investasi yang relatif kecil.

Itulah tips investasi di fintech P2P lending dari perencana keuangan Annisa Aprilia. Ingat, pastikan platform fintech P2P lending yang anda pilih benar-benar aman dan terdaftar di OJK ya!

Selain tips yang dijelaskan di atas, KulikMedia juga ingin berbagi tips lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Yakni, pastikan dana yang digunakan untuk investasi di fintech P2P lending berasal dari ‘uang dingin’. Dalam artian, uang tersebut memang disiapkan untuk investasi, setelah kebutuhan tercukupi dan menyisihkan uang untuk dana darurat.