fbpx
Awas Rem Blong! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Awas Rem Blong! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain faktor kelelahan pengemudi, salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling umum terjadi disebabkan rem blong. Jika tidak dikenali dan dirawat dengan baik, komponen rem memang dapat membahayakan pengendara.

Rem merupakan komponen yang harus dalam kondisi baik karena sangat penting untuk keselamatan penumpang dan pengemudi lainnya. Rem harus dirawat secara teratur untuk menghindari risiko rem blong yang bisa sangat berbahaya.

Sangat penting untuk memahami berbagai penyebab rem blong dan cara mengatasinya untuk memastikan keselamatan berkendara.

Penyebab rem blong

Ada beberapa penyebab kegagalan rem. Mulai dari keluarnya minyak rem hingga kampas rem dan piston rem yang rusak. Piston atau kampas biasanya rusak atau aus karena faktor usia. Untuk mencegahnya, lakukan pemeriksaan rutin setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 kilometer.

Faktor lain yang menyebabkan rem blong adalah tersumbatnya selang minyak rem. Umumnya, mobil penumpang menggunakan sistem rem yang mana minyak rem pada sistem rem menghasilkan tekanan fluida. Nah, kondisi minyak rem dan selang minyak yang ukurannya kecil itu sangat penting dan harus sering dicek.

Baca Juga :  Tanda Aki Mobil Soak, Ketahui Cara Mengatasinya

Alasan lainnya adalah keausan pada seal piston master. Selain penuaan, ada penyebab lainnya, yaitu minyak rem telah kedaluwarsa, atau penutup tabung minyak yang sering dibuka terkontaminasi, sehingga kualitas minyak rem menjadi buruk.

Cara mengatasi rem blong

Saat kendaraan mengalami kegagalan rem, pengemudi dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk menghindari kemungkinan risiko fatal.

1. Tetap tenang

Saat rem tidak bekerja dengan baik, yang terpenting adalah tetap tenang. Selanjutnya, anda dapat mencoba mengerem secepat mungkin untuk menghasilkan gesekan yang kuat dan menghentikan mobil.

2. Jangan langsung mematikan mesin

Disarankan untuk tidak langsung mematikan mesin, karena akan menyulitkan pengemudi untuk mengendalikan setir. Saat mesin dimatikan, pompa power steering juga akan mati, sehingga membuat setir lebih berat dan rem tidak bekerja dengan baik.

3. Tarik hand brake

Saat pedal rem macet atau tidak berfungsi, anda bisa mengandalkan rem tangan atau handbrake untuk memperlambat kendaraan. Tarik rem tangan secara perlahan dan hati-hati, jangan tiba-tiba.

Jika anda merasa rem macet, pertahankan pada posisi itu agar tidak kehilangan kendali hingga kendaraan benar-benar melambat atau bahkan berhenti.

Baca Juga :  Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif Agar Makin Cuan

4. Tabrak benda lunak

Jika rem tidak bekerja sama sekali, anda perlu mencari cara untuk mencegah tabrakan dengan kendaraan lain atau bangunan di sekitar.

Cara terbaik adalah anda dapat menabrakkan ke benda lunak seperti gundukan tanah atau tumpukan pasir untuk menghentikan kendaraan dengan risiko yang kecil.