fbpx
6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Leher Tanpa Obat

6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Leher Tanpa Obat

Sakit leher bisa sangat mengganggu. Leher akan terasa kaku dan tidak nyaman saat menjalani kegiatan sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mengatasi sakit leher. Cara-cara tersebut dapat dilakukan secara alami, tanpa obat.

Pengin tahu seperti apa cara mengatasi leher tanpa obat? Yuk simak pembahasan KulikMedia berikut ini.

Leher kaku dan sakit merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan menggunakan gawai yang salah, postur tubuh yang salah, stres hingga cedera.

Cara mengatasi sakit leher tanpa obat

Di bawah ini, kami bagikan enam cara sederhana mengatasi sakit leher tanpa obat. Terapkan cara-cara ini agar sakit leher anda cepat mereda.

1. Kompres es

Kompres es adalah cara umum untuk mengatasi  kaku atau memar. Selain membantu melancarkan peredaran darah dan merilekskan otot, mengompres dengan es batu juga dapat membuat bagian tubuh yang kaku sedikit terkurangi rasa nyerinya.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

2. Pijat

Pijat dapat membantu meredakan ketegangan pada otot punggung dan leher. Menurut penelitian, pijat paling baik untuk menghilangkan rasa sakit, meski efeknya hanya jangka pendek.

3. Perbaiki posisi tidur

Postur tidur yang buruk sering menyebabkan sakit punggung dan leher. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi untuk memperbaiki posisi tidur dan menjaga posisi tidur agar kepala tidak terangkat terlalu tinggi.

4. Peregangan

Peregangan dapat membantu mengurangi nyeri leher. Lakukan latihan peregangan dengan memutar bahu ke depan dan ke belakang. Tekan tulang bahu secara bersamaan dan putar ke kiri dan kanan untuk melakukan peregangan.

Namun, pastikan untuk menggerakkannya secara perlahan dan tidak terburu-buru.

5. Kurangi stres

Stres adalah salah satu penyebab munculnya ketegangan pada leher. Mengurangi stres adalah cara alami untuk mengobati sakit leher.

Anda bisa mengurangi stres dengan berbagai cara yang tepat, mulai dari meditasi, liburan, bertemu teman hingga menjalankan hobi.

6. Akupunktur

Akupunktur juga bisa menjadi obat alami untuk sakit leher. Terapi ini telah digunakan sebagai teknik pengobatan tradisional Asia Timur ratusan tahun yang lalu.

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Puasa Ramadan

Akupunktur adalah metode pengobatan yang menggunakan jarum. Yakni, dengan cara menusukkan jarum pada bagian titik tubuh tertentu.