fbpx
5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Di musim hujan, anda perlu menyiapkan beberapa alat pelindung eksternal seperti payung, jas hujan dan pakaian ganti, serta pelindung internal seperti suplemen, agar cuaca yang tidak menentu ini tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini mungkin tampak sederhana, tetapi jika anda menganggapnya remeh, anda dapat tertular penyakit musiman selama musim hujan, seperti flu dan pilek. Agar terhindar dari penyakit musiman seperti flu dan pilek, anda perlu menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, ada lima tips agar tidak mudah sakit di musim hujan yang bisa anda terapkan. Berikut di antaranya:

1. Konsumsi vitamin C

Ternyata vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh, bisa mencegah dan mengobati pilek. Disarankan agar anda mengonsumsi suplemen kapan saja. Namun, konsumsi vitamin C sebaiknya ditambah saat musim hujan.

Vitamin C membantu mengurangi keparahan gejala pilek. Dengan bantuan vitamin C, antibodi dapat melawan atau mencegah pilek/flu lebih cepat.

Baca Juga :  Kerap Pusing Setelah Makan? Ini Cara Mengatasinya

2. Berolahraga agar tetap bugar

Hujan memang membuat olahraga menjadi sulit karena tempat terbuka biasanya tergenang air. Namun, ini bukan alasan untuk tidak berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan atau yoga dan peregangan di rumah lho.

Masalah tulang dan persendian sering muncul saat musim hujan. Olahraga teratur dapat memastikan bahwa sendi dan otot tetap terlumasi dan kuat, sehingga dapat mencegah sakit. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

3. Kenakan pakaian hangat

Saat hujan, segera ganti pakaian basah anda dengan pakaian hangat dan kering. Hindari mengenakan pakaian ketat, jeans atau kaus. Pasalnya, jamur membutuhkan dua hal utama untuk tumbuh, yaitu panas dan kelembapan.

Saat mengenakan pakaian ketat, kelembapan lebih mungkin muncul dan menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

4. Cukupi kebutuhan cairan

Tips ini harus anda biasakan sepanjang tahun. Menghidrasi tubuh dapat membantu mengatasi masalah pilek dan flu. Selain itu, air juga membantu menghilangkan bakteri, kuman dan racun dari dalam tubuh.

Baca Juga :  Pemilik Gigi Kuning, Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Alami

Anda dapat meningkatkan khasiat air dengan menambahkan teh herbal, yang dapat mengobati batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Pastikan lingkungan di rumah dan tempat kerja bersih dan bebas dari nyamuk serta serangga lainnya. Di musim hujan, biasanya banyak genangan air, yang mudah berkembang biak nyamuk demam berdarah. Anda bisa memasang produk anti-nyamuk. Pastikan juga tidak ada sampah yang berserakan, apalagi sisa makanan.